Bus Sekolah Tanpa Sopir Beroperasi di Kota Babcock Ranch

Bus Sekolah Tanpa Sopir Beroperasi di Kota Babcock Ranch

Pemerintah Kota Babcock Ranch di selatan Florida operasikan bus tanpa sopir untuk anak sekolah. (foto - Transdev)

Florida - Kendaraan otonomos  (bus tanpa sopir) ternyata bisa dijadikan sebagai kendaraan umum. Salah satunya, yakni dijadikan sebagai bus sekolah.
 
Dilansir Curbed, bus otonomos tersebut beroperasi di Babcock Ranch di selatan Florida, Amerika Serikat (AS). Kota Babcock Ranch sendiri menjadi kota pertama, yang menggunakan bus otonomos untuk keperluan bus sekolah.
 
Bus sekolah otonomos itu merupakan pilot project  kota dengan Transdev. Bus itu bisa mengangkut hingga 12 anak dalam sekali waktu. Bus berwarna kuning itu dapat melaju dengan tenaga listrik, dan memiliki jalur sendiri.
 
Kendaraan itu mengangkut anak di halte dan menurunkannya di depan sekolah. Bahkan, kendaraan itu pun  bisa melaju dengan kecepatan 8 mil per jam (13 km per jam), dan bisa diakselerasi hingga 30 mil per jam (48 km per jam). Bus sekolah tersebut memiliki sistem pengereman secara otomatis dan ada asisten keamanan di dalamnya.
 
Seperti diketahui, Kota Babcock Ranch sebelumnya menerapkan berbagai teknologi yang menggunakan tenaga surya untuk kelestarian lingkungan. Pembuatan bus sekolah tanpa sopir itu adalah hasil kerja sama antara pemerintah kota dan Transdev.
 
Adapun jalur bus tersebut telah ditentukan dan dimasukkan dalam program bus, sehingga tak akan keluar jalur. Nantinya kendaraan tanpa sopir tersebut hanya melintas di jalan yang telah ditentukan sampai ke depan gerbang sekolah.
 
Program bus sekolah tanpa sopir tersebut masih menjadi percontohan dan dikontrol ketat pada pelaksanaannya, meski banyak yang meragukan teknologi baru tersebut apakah efektif atau tidak. Namun, Transdev memastikan keamanan bus itu untuk anak-anak, karena kecepatan maksimal bus hanya sekira 13 km/jam. (Jr.)**
 
.

Categories:Otomotif,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait