Puluhan Hektar Lahan Gunung Ciremai Kembali Terbakar

Puluhan Hektar Lahan Gunung Ciremai Kembali Terbakar

Puluhan hektar lahan di Gunung Ciremai kembali terbakar. (foto - ist)

Kuningan - Lahan hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuningan Jawa Barat kembali terbakar. Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNGC, Polri, TNI dan relawan terus berusaha memadamkan api.
 
Namun hingga Senin (1/10/2018) siang kobaran api belum berhasil dipadamkan karena terkendala medan yang sulit dan peralatan seadanya. Kebakaran hutan di Gunung Ciremai  tepatnya di wilayah Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan Kuningan, sejak Minggu 30 September 2018 siang.
 
Angin bertiup kencang dan banyaknya pepohonan yang mudah terbakar membuat api terus menjalar. Sejauh ini belum diketahui pasti berapa hektar hutan yang terbakar. Medan yang sulit di kawasan Gunung Ciremai membuat mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran. Sebab, lokasinya 300 sampai 500 di atas permukaan laut.
 
Kanit Polisi Hutan TNGC Cita Aswara mengatakan, hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran hutan Gunung Ciremai. Petugas gabungan terus melakukan pemadaman kebakaran yang terus meluas di kawasan TNGC.
 
Seperti diketahui, sebelumnya seluas 94 hektar lahan hutan yang berada di Gunung Ciremai itu pun terbakar. Lahan hutan yang terbakar tepatnya berada di Desa Setianegara Kuningan beberapa pekan yang lalu.
 
Bahkan, dalam kurun satu bulan ini kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai sudah tiga kali mengalami kebakaran. Kebakaran pertama menghanguskan sekitar 94 hektar, kemudian pada kebakaran kedua sekitar 9,8 hektar.
 
Sementara itu, untuk kebakaran saat ini masih dalam penanganan dan untuk luasan lahan yang terbakar masih belum diketahui. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,