Jumlah Pengungsi Gempa-Tsunami Palu Capai 59.450 Orang

Jumlah Pengungsi Gempa-Tsunami Palu Capai 59.450 Orang

Pengungsi akibat gempa dan tsunami Palu sudah mencapai 59.450 orang. (foto - ist)

Jakarta - Jumlah  pengungsi  korban  gempa dan  tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah tercatat mencapai 59.450 orang. Mereka ditempatkan tersebar di 109 titik lokasi pengungsian.
 
"Pengungsi mencapai 59.450 yang terkumpul di 109 lokasi," kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Senin (1/10/2018).
 
Menurutnya, banyaknya titik pengungsian lantaran memang tak ditentukan lokasi yang bisa menjadi tempat mengungsi. Pengungsi yang ada di Palu termasuk golongan mampu. Mereka memutuskan mengungsi karena trauma tinggal di dalam rumah.
 
"Saya kemarin melihat di kota itu ada banyak tempat pengumpulan pengungsi. Mereka yang punya duit dan mobil. Mereka gelar tikar di samping mobilnya, kemudian tidur di situ. Mereka trauma tinggal di rumah, nggak mau tidur di bawah atap," katanya.

Untuk membantu pengungsi kata Wiranto, diperlukan tenda yang banyak, pasokan makanan, minuman dan MCK. Untuk melakukan pendistribusian bantuan, angkutan paling efektif melalui udara. "Kita butuhkan angkutan udara sebagai prioritas," tegas Wiranto.

Mantan panglima TNI tersebut menambahkan, bantuan melalui darat sudah berangsur bisa dilewati karena jalan sudah mulai diperbaiki oleh petugas dari Kementerian PUPR.

"Semua jurusan kita masukkan bantuan, terutama makanan dan minuman. Saya pikir kalau tenda cukup, makanan cukup, perawatan kesehatan cukup, suasana bisa tenang sambil menunggu rehabilitasi dan rekonstruksi sebagai kelanjutan dari tanggap darurat," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,