Gunung Soputan Meletus Semburkan Erupsi 4 - 6 Ribu Meter

Gunung Soputan Meletus Semburkan Erupsi 4 - 6 Ribu Meter

Aktivitas Gunung Soputan meningkat status ditingkatkan menjadi Siaga. (foto - @Sutopo_PN)

Minahasa - Gunung  Soputan  yang berada di  Kabupaten  Minahasa  Tenggara  Provinsi Sulawesi Utara mengalami erupsi, Rabu (3/10/2018). Aktivitas Gunung Soputan terus meningkat sejak dinihari pukul 01.00 Wita, hingga statusnya dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga).
 
"Radius ancaman sejauh 4 kilometer dari puncak dan sektornya ke arah barat dan barat laut," kata  Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM Kasbani. Tepat pukul 08.47 Wita terjadi erupsi.
 
Erupsi tersebut dibarengi dengan tinggi kolom yang mencapai 4 ribu hingga 6 ribu meter di atas puncak. "Radius ancaman tetap sama, daerah bahayanya sampai saat ini adalah di 4 kilometer dari puncak, kemudian yang sektornya ke arah barat," katanya.
 
Menurutnya, aktivitas Gunung Soputan sudah mengalami peningkatan sejak Juli 2018 lalu. Sejak ada peningkatan pihaknya menetapkan status Gunung Soputan pada level waspada, dan terus mengalami peningkatan aktvfitas hingga dinihari tadi ditetapkan pada level siaga.
 
"Memang sudah terjadi peningkatan aktivitas yang cukup lama, hingga akhirnya meningkat tajam kemarin hingga tadi malam dan akhirnya terjadi erupsi pagi tadi," bebernya.
 
Mengingat radius bahaya di jarak 4 kilometer dan daerah bukaannya jauh ke permukiman warga, Kasbani menyebutkan sejauh ini belum ada warga yang diungsikan. "Tidak ada warga yang harus diungsikan," katanya.
 
Meski demikian, pihaknya sudah melarang warga untuk beraktifitas di radius 4 kilometer yang menjadi daerah rawan. "Masyarakat kami imbau untuk tenang dan mengikuti arahan dari pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi. Kita kan punya pos pemantauan dan pengamatan gunung berapi, dan warga sekitar yang terkena dampak dimohon menggunakan masker," katanya.
 
Sementara untuk keamanan penerbangan terkait adanya semburan abu vulkanik, Kasbani mengaku pihaknya sudah mengeluarkan Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) "VONA yang sudah kami terbitkan itu kuning, tadi pagi setelah erupsi menjadi orange, artinya ada peningkatan," tegasnya.
 
Dengan demikian, penerbangan diminta untuk tidak melintas di atas Gunung Soputan. Saat ini pihaknya akan terus melakukan pengamatan dan pemantauan aktivitas gunung tersebut. Jika ada perkembangan akan segera dipublikasikan.
 
"Tadi ancamannya sudah mulai meluas, kemudian juga sudah mengarah ke kawasan permukiman warga, sehingga kita harus mengevaluasi apakah perlu dinaikan atau tidak," tambahnya. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,