3 Sumur Warga Pangalengan Tercemar Disulut Keluar Api

3 Sumur Warga Pangalengan Tercemar Disulut Keluar Api

Pangalengan

Bandung - Tiga sumur warga yang berada di Kampung Warung Awi Desa/Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung tercemar, hingga bisa mengeluarkan api. Pencemaran itu diduga akibat bocornya bahan bakar minyak (BBM) milik salah satu SPBU.
 
Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah menyatakan, karena membahayakan warga sehingga ketiga sumur tersebut ditutup.
 
"Dugaan kita tercemar BBM jenis solar atau pertalite, sehingga kita lakukan beberapa langkah. Ada yang langsung ditutup oleh pemiliknya, dan ada juga yang kita dipasangi police line," kata Asep, Rabu (10/10/2018).
 
Menurut Asep, ketiga sumur tersebut letaknya memang berdekatan dengan salah satu SPBU. Sejauh ini, pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap beberapa sumur lain yang lokasinya tidak jauh dari SPBU.
 
"Kita cek beberapa sumur, ada yang lokasinya di bawah SPBU dan di atas SPBU. Sumur yang lokasinya di bawah SPBU positif tercemar, ada titik rembesan dari tangki penampung BBM SPBU tersebut," katanya.
 
Untuk itu, DLH Kabupaten Bandung meminta pihak SPBU mengirim surat kepada Pertamina, untuk melakukan supervisi dan penyelidikan terkait dugaan kebocoran tersebut.
 
SPBU tersebut untuk sementara tidak diperbolehkan melakukan isi ulang tangkinya. Polres Bandung juga sudah melakukan penyelidikan dan akan segera melaksanakan gelar perkara.
 
"Kita imbau SPBU tersebut jangan dulu melakukan isi ulang BBM. Selain itu, mendorong pihak Pertamina untuk mengambil langkah terkait investigasi kebocoran karena mereka punya SOP," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,