Gempa 6,4 SR Guncang Situbondo Terasa Hingga Denpasar

Gempa 6,4 SR Guncang Situbondo Terasa Hingga Denpasar

Sejumlah rumah rusak akibat gempa yang mengguncang Situbondo. (foto - ist)

Malang - Gempa  berkekuatan 6,4  pada  skala  Richter  (SR)  yang  mengguncang wilayah Situbondo Jawa Timur, Kamis (11/10/2918) sekitar pukul 01.44 WIB. Guncangan gempa terasa sekitar 3 detik di Kota Malang, bahkan dirasakan juga di sejumlah wilayah hingga Denpasar Bali.
 
Menurut Kepala BMKG Karangkates Musripan, gempa yang mengguncang Malang berkekuatan 6,4 SR tepatnya terjadi pada pukul 01:44:57 WIB. "Gempa skala 6,4 SR terjadi di koordinat 7,42 lintang selatan (LS) dan 114,47 bujur timur (BT) dengan kedalaman 10 km," katanya.
 
Ia menjelaskan, gempa tersebut berpusat sekitar 61 kilometer timur laut Situbondo, yang termasuk gempa dangkal. "Termasuk gempa dangkal, namun tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami," tegasnya
 
Sementara itu, gempa 6,4 SR yang mengguncang wilayah Situbondo itu pun terasa begitu kencang di sekitar Kabupaten Sumenep Madura. Hal itu membuat sejumlah bangunan rumah di Kepulauan Sapudi Sumenep rusak.
 
Berdasarkan penuturan salah seorang warga Kepulauan Sapudi, Ali Afifi menyatakan gempa terasa cukup kencang di rumahnya, sehingga membuat bangunan rumahnya retak dan beberapa genteng runtuh. "Genteng ada yang runtuh dan dinding retak. Hanya rumah tidak sampai roboh," katanya.
 
Ketika gempa mengguncang, ia mengaku tengah tertidur dan terbangun setelah merasakan getaran sekitar 10 detik. "Sempat keluar rumah pas lihat tembok rumah retak dan terkelupas. Ada rasa takut juga," lanjutnya.
 
Ia menyatakan, kerusakan gempa di sekitar Kepulauan Sapudi di antaranya Desa Gayam Kecamatan Gayam Kepulauan Sapudi Sumenep, cukup mengalami kerusakan parah mengingat banyak bangunan yang tak tahan gempa. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,