Candi Kantor Samsat Jembrana Rusak Akibat Gempa Situbondo

Candi Kantor Samsat Jembrana Rusak Akibat Gempa Situbondo

Candi Kantor Samsat Jembrana rusak pasca-gempa Situbondo. (foto - BPBD Jembrana)

Jembrana - Gempa berkekuatan 6,4 pada skala Richter yang mengguncang Situbondo juga terasa kuat di Denpasar Bali. Hal itu menyebabkan sejumlah rumah dan bangunan candi rusak.
 
Berdasarkan informasi dari Pusdalops Bali lewat laman twitter miliknya @Pusdalops_Bali menyebutkan, dampak gempa yang berpusat di Situbondo menyebabkan Candi Bentar Kantor Samsat Jembrana rusak," sebutnya, Kamis, (11/10/2018).
 
Meski demikian, sejauh ini kondisi dalam bangunan masih aman. "Untuk bangunan di dalam masih aman," katanya. Hingga saat ini belum diketahui pasti apakah ada korban dalam gempa yang terjadi pada pukul 01.44 WIB tersebut.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, sudah 7 kali gempa susulan pasca-gempa awal yang mengguncang Situbondo Jawa Timur.
 
Namun demikian, kekuatan gempa tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan gempa awal. "Ya, sudah 7 kali terjadi gempa susulan, meski kekuatannya lebih kecil," kata Daryono.
 
Ia memperkirakan, gempa susulan akan terus terjadi dengan skala yang lebih kecil. Untuk itu ia mengimbau agar masyarakat tidak panik karena gempa tidak berpotensi tsunami. "Gempa susulan masih akan terjadi dengan kekuatan lebih kecil. Warga tidak perlu takut dan khawatir karena gempa tidak berpotensi tsunami," katanya.
 
Seperti diketahui, gempa berkekuatan 6,4 SR tersebut terjadi sekitar pukul 01.44 WIB, yang berpusat di Situbondo Jawa Timur. gempa tepatnya di 61 km timur laut Situbondo dengan kedalaman 10 km. Meski begitu, gempa itu juga dirasakan hingga ke Bali dan Mataram. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,