Gempa 6,4 SR di Situbondo Menggoyang 22 Kota/Kabupaten

Gempa 6,4 SR di Situbondo Menggoyang 22 Kota/Kabupaten

Rumah rusak di Sumenep Madura setelah diguncang gempa Situbondo. (foto - @Sutopo_PN)

Surabaya - Badan  Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD)  Provinsi Jatim menyebutkan, gempa berkekuatan 6,4 pada skala Richter (SR) di timur laut Situbondo juga terasa di 22 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.
 
Namun BPBD memastikan daerah yang merasakan dampak terparah adalah di Kabupaten Sumenep.  "Gempa yang terjadi pukul 01.44 WIB itu berdampak di 22 kota/kabupaten. Kerusakan paling parah terjadi di Kabupaten Sumenep," kata Kepala BPBD Jatim Suban Wahyudiono, Kamis (11/10/2018).
 
Ke-22 kabupaten/kota di Jatim yang merasakan getaran gempa antaranya Banyuwangi, Situbondo, Jember, Bondowoso, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kota Surabaya, Pamekasan, Bangkalan, Sampang, Sumenep, Kabupaten Jombang serta Kota dan Kabupaten Mojokerto.
 
Menurutnya, pihaknya telah mengirimkan tim yang berangkat melalui jalur darat ke Pulau Sapudi Sumenep, untuk membantu proses evakuasi pasca gempa. "Tim berangkat jam 08.00 WIB sambil membawa dua truk berisi logistik permakanan," katanya.
 
Sejauh ini, Suban mengaku terus menunggu data dari 22 BPBD Kabupaten/kota yang terdampak gempa tersebut. "Sejauh ini kami baru mendapat data dari Sumenep, itupun pukul 07.00 WIB," tegasnya.
 
Sementara itu, berdasarkan informasi terkini jumlah korban akibat gempa Situbondo antara lain tiga orang tewas dan 26 orang terluka di Kabupaten Sumenep Madura. Sebagian besar korban mengalami luka pada kepala, dan satu orang patah tulang.
 

Demikian disampaikan Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan yang melakukan peninjauan ke lokasi bencana bersama Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rachman dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. "Korban luka total 26 orang, dan 36 rumah rusak. Para korban luka dirawat di klinik," katanya. S

aat ini pihaknya bersama Pangdam V Brawijaya dan Gubernur Jatim menuju Desa Prambanan. Di mana banyak rumah rusak akibat gempa itu.
 

Seperti diketahui, gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Situbondo Jatim dan Bali, Kamis dinihari sekitar pukul 01.44 WIB. BMKG menyebutkan, gempa terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, dengan kedalaman 12 km.

 

 

Akibat dari terjadinya gempa tersebut dilaporkan 3 orang tewas dan sejumlah rumah rusak. Daerah terparah di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep. Korban tewas karena tertimpa bangunan yang roboh saat mereka tidur. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,