Badai Michael dengan kategori 4 hantam wilayah Florida AS

Badai Michael dengan kategori 4 hantam wilayah Florida AS

Badai Michael dengan Kategori 4 hantam wilayah Florida. (foto - The New York Times)

Florida - Pantai  timur  Amerika Serikat dihantam badai untuk kesekiankalinya. Kali ini negara bagian Florida dilanda Badai Michael, pada Rabu 10 Oktober waktu setempat. Akibat dahsyatnya badai berkategori 4 itu, Presiden Donald Trump langsung mengumumkan keadaan darurat untuk negara bagian itu.
 
Gubernur Florida Rick Scott memastikan sudah menyiagakan 2.500 personel Garda Nasional, untuk mengantisipasi penyelamatan warga akibat terjangan badai itu. Bahkan, lebih dari 370 ribu warga diminta pemerintah setempat untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi atau ke negara bagian lain.
 
Badai Michael diperkirakan akan bertambah besar dan kuat pada sore hari, antara jam 16.00 waktu setempat. Pemerintah Florida telah mengumumkan status Badai Michael yang terjadi menjadi sangat waspada, begitu pula Alabama dan Georgia.
 
Seperti dilaporkan Associated Press, Kamis (11/10/2018) Badai Michael sejauh ini telah memakan 13 jiwa di daerah Amerika tengah, dengan rincian enam orang tewas di Honduras, empat di Nikaragua dan tiga orang di El Salvador.
 
Sedangkan sebuah bulletin di Miami mengatakan, badai itu diperkirakan akan semakin kuat dan parah selama satu malam. Warga di beberapa daerah tertentu dilaporkan telah mendapat imbauan dari pemerintah setempat, untuk mengungsi ke dataran yang memiliki ketinggian di atas 12 kaki.
 

Meski pemerintah sudah mengimbau agar warga segera mengungsi dari kediamannya, banyak yang nekat tetap bertahan di dalam rumah. Salah satunya Adrian Mahangos yang enggan beranjak dari kediamannya, yang kebetulan memiliki ketinggian 11 kaki di atas permukaan. Ia hanya berharap dapat selamat dan perkiraan pemerintah salah.

 

 

Dilaporkan, selain beberapa pihak yang menolak untuk mengungsi ke tempat yang jauh lebih aman. Otoritas setempat menyebutkan ada beberapa persen dari jumlah penduduk yang telah mengungsi demi keselamatan mereka. Sekolah di Florida telah meliburkan karena Badai Michael itu.
 
Sementara itu Pusat Badai Nasional (NHC) AS yang bermarkas di Miami memperingatkan, beberapa wilayah Florida akan diterjang gelombang besar hingga ketinggian 4 meter akibat badai itu. Sedangkan hujan deras diprediksi turun di Carolina, yang diterjang badai Florence pada September lalu.
 
 
NHC menyebutkan, setelah mencapai daratan Badai Michael akan melemah dan bergerak menuju tenggara AS. Gubernur Rick Scott menyebutkan, Badai Michael sebagai badai monster dan menyerukan warga untuk menyimak dan mematuhi petugas. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,