Modus Akun Instagram Jual - Beli Bayi Konsultasi Keluarga

Modus Akun Instagram Jual - Beli Bayi Konsultasi Keluarga

Polrestabes Surabaya tutup akun Instagram jual beli bayi bermodus konsultasi keluarga. (foto - ist)

Surabaya - Polrestabes Surabaya menutup akun Instagram @konsultasihatiprivat yang digunakan sebagai sarana praktik jual beli bayi. Akun itu tidak langsung menjadi ajang transaksi, namun modusnya melayani konsultasi masalah keluarga.
 
Pengikut akun yang intens lalu melakukan komunikasi pribadi via nomor WhatsApp dengan operator, dan operator memasukkannya dalam sebuah grup WhatsApp khusus. Berisi orang-orang yang berkepentingan dalam proses adopsi bayi ilegal.
 
"Di grup WhatsApp tersebut tempat sharing berbagai pihak yang ingin mengadopsi anak, dan yang ingin mengasuhkan anak kepada orang lain tanpa proses adopsi yang sulit," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran, Rabu (17/10/2018).
 
Sejak beberapa hari terakhir ini, pihak kepolisian menutup akun tersebut. Penutupan bertujuan agar pengguna media sosial lainnya tidak terinspirasi untuk membuat akun serupa. "Kami berharap pengguna media sosial lain tidak terinspirasi akun ini, jadi kami tutup," katanya.
 
Sudamiran menyatakan, Selain menutup akun instagram @konsultasihatiprivat, Tim Cyber Polrestabes Surabaya sampai saat ini masih terus menggelar patroli media sosial untuk melacak akun-akun serupa. Akun Instagram @konsultasihatiprivat memiliki banyak pengikut.
 
Karena merupakan solusi paling mudah bagi masyarakat yang ingin mengadopsi anak, Alton Phinandita Prianto, operator akun instagram @konsultasihatiprivat saat ini sudah diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka. Selain Alton, ada 4 orang lagi yang sudah ditetapkan tersangka. (Jr.)**
.

Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait