Bupati Cirebon Terkena OTT Tiba di KPK langsung Diperiksa

Bupati Cirebon Terkena OTT Tiba di KPK langsung Diperiksa

Mobil yang membawa Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra tiba gedung KPK. (foto - ist)

Jakarta - Bupati  Cirebon  Sunjaya  Purwadisastra  langsung  dibawa ke gedung KPK pasca - operasi tangkap tangan  (OTT). Sunjaya tiba di gedung KPK Jakarta untuk menjalani pemeriksaan.
 
"Ya, betul sudah di KPK," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Rabu (24/10/2018) malam. Secara keseluruhan ada tujuh orang yang diamankan KPK, meski tidak dijelaskan apakah enam orang lainnya juga sudah berada di gedung KPK atau belum.
 
Bupati Cirebon diamankan KPK terkait dugaan jual-beli jabatan. Ada bukti transfer dan uang yang diamankan KPK. "Terkait dengan jual-beli jabatan," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan.
 
Sunjaya Purwadisastra merupakan Bupati Cirebon terpilih pada Pilbup Cirebon 2018, yang berpasangan dengan Imron Rosyadi. Ia mengalahkan tiga pesaingnya dalam Pilbup Cirebon pada Juli 2018 lalu.
 
 
Sunjaya-Imron merupakan petahana yang maju di Pilbup Cirebon 2018. Sunjaya sempat cuti sebagai Bupati Cirebon untuk maju di Pilbup Cirebon. Saat itu, kursi kepemimpinan Sunjaya diduduki Selly Andriani Gantina, yang juga kader PDI Perjuangan.
 
Sunjaya merupakan seorang purnawirawan TNI. Ia pensiun sebagai anggota TNI pada 2012 dan memilih berpolitik. Ia menjatuhkan pilihannya dengan bergabung ke PDI Perjuangan.
 
 
Sebelumnya, Sunjaya memenangi Pilbup Cirebon periode 2014-2019. Saat itu, ia berpasangan dengan Tasiya Soemadi Gotas. Ia pun sempat memimpin Kabupaten Cirebon sendiri karena wakilnya, Gotas terjerat kasus korupsi dana bantuan sosial pada 2009-2012.
 
Gotas ditangkap tim Kejagung dan Kejari Cirebon pada April lalu, berdasarkan hasil putusan Mahkamah Agung pada 17 September 2016. Kursi Wakil Bupati Cirebon yang ditinggalkan Gotas sempat diisi oleh politikus PDI Perjuangan, Selly Andriani Gantina pada 2017. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,