Eropa dan Amerika Jadi Favorit Bea Siswa

Eropa dan Amerika Jadi Favorit Bea Siswa

Acara seminar tentang Bea Siswa yang diselenggarakan Indonesian Creatif Institute. (Foto : Cikalnews/ADE).

Bandung - Setiap tahun berbagai negara di Eropa, Asia, dan Amerika kerap membuka program beasiswa untuk berbagai jurusan di negaranya. Hingga saat ini mahasiswa Indonesia yang telah mengikuti program bea siswa ke luar negeri telah berjumlah jutaan orang. Baik untuk program bea siswa S1 dan S2.

Menurut pengakuan seorang pembicara seminar bea siswa yang diselenggarakan oleh Indonesian Creatif Institut, Azaria, saat ini yang menjadi favorit para mahasiswa untuk melanjutkan kuliah S2 dan ikut program bea siswa kebanyakan memilih ke kampus di negara Eropa dan Amerika.

"Kebanyakan mahasiswa senang kuliah dan ikut bea siswa itu ke Eropa dan Amerika, katanya sistem pengajaran disana lebih enak dan banyak praktek ketimbang teorinya. Dosennya pun lebih kreatif dalam mengajar sehingga membuat mahasiswa tidak jenuh," aku Azaria saat seminar tips dan trik ikut bea siswa di Cafe Eduplex, Jl. Cilaki No. 6 Kota Bandung, Selasa (25/11/2014).

Azaria menambahkan, para mahasiswa kebanyakan mengambil jurusan tehnik dan bisnis untuk melanjutkan kuliah di Eropa dan Amerika.

"Campus di negara-negara Eropa itu mayoritas unggul untuk jurusan tehnik dan bisnisnya. Jadi kebanyakan orang Indonesia ikut bea siswa untuk jurusan tehnik dan bisnis," tambahnya.

Untuk persiapan menjadi mahasiswa program bea siswa seseorang harus memiliki sertifikat TOEFL dan AEPS yang baik, nilai TOEFL minimal 500. Selain hal itu mahasiswa juga dituntut memiliki mental tahan banting agar bisa bertahan hidup di negara orang.

"Tekad calon mahasiswa bea siswa luar negeri  itu harus benar-benar bulat dan mantap agar bisa betah dalam menjalankan studi," pungkas Azaria.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,