5 Pelaku Penganiaya Haringga Sirla Jalani Sidang Perdana

5 Pelaku Penganiaya Haringga Sirla Jalani Sidang Perdana

Lima pengeroyok suporter Persija jalani sidang perdana di PN Bandung, Kamis 25 Oktober 2018. (foto - ist)

Bandung - Lima pelaku pengeroyok suporter Persija Haringga Sirla menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Anak Kota Bandung, Kamis (25/10/2018). Sidang lima pelaku yang semuanya masih di bawah umur itu berlangsung tertutup.
 
Agenda sidang selain tuntutan terdakwa, majelis hakim akan melanjutkan dengan meminta keterangan saksi.  Kasilidum Kejari Bandung Agus Kausal Alam mengatakan, lima terdakwa dituntut dengan menggunakan Pasal 338 dan 170 ayat 2 dan 3 KUHP juncto UU No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak.
 
Jika terbukti bersalah hakim bisa memberikan hukuman dengan ancaman hukuman setengah orang dewasa, yakni 7 tahun penjara. "Meski belum selesai sidang, jika terbukti bisa diganjar hukuman minimal setengah dari hukuman dewasa," katanya di Pengadilan Negeri Bandung, Kamis (25/10/2018).
 
Sebelumnya, dua terdakwa pengeroyok Haringga Sirla, DN (16) dan ST (17) telah menjalani sidang vonis, pada Selasa 23 Oktober. Keduanya masing-masing dituntut hukuman tiga setengah dan tiga tahun penjara. 

"Untuk ST dituntut tiga tahun dan DN tiga tahun enam bulan penjara," kata Kasi Pidum Kejari Bandung Agus Salam. Sidang pengeroyokan kasus tersebut berlangsung secara tertutup. 
 
Dalam surat tuntutan, ST dan DN terbukti bersalah sesuai pasal 170 KUHP juncto Pasal 55 ayat 2 ke-3 KUHP juncto Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak. (Jr.)**
.

Tags:,