KONI Kota Bandung Prihatin Atlet Siluman

KONI Kota Bandung Prihatin Atlet Siluman

KONI Kota Bandung Prihatin Atlet Siluman

Bandung - KONI Kota Bandung mengkritisi dan prihatin dengan kehadiran atlet-atlet "siluman" atau rekrutan dari provinsi lain pada ajang Porda Jabar XII/2014.
 
"Pada Porda Jabar XII/2014 banyak bermunculan atlet-atlet baru dari luar Jabar, terutama digunakan oleh tuan rumah Kabupaten Bekasi. Kami sangat prihatin," kata Ketua KONI Kota Bandung Aan Johana di Bandung, Selasa (25/11/2014).
 
Menurut dia, kehadiran atlet-atlet selevel SEA Games dan atlet nasional dari daerah lain memperkuat daerah peserta tidak mencerminkan pembinaan, melainkan mencederai semangat pembinaan olahraga.
 
Ia mengakui, kehadiran mereka jelas membuat pembinaan atlet di Jawa Barat terancam mandeg, khususnya pada ajang PON. Atlet-atlet hasil pembinaan Jawa Barat sendiri justeru terpinggirkan dan hanya menyaksikan atlet rekrutan dari daerah berpesta emas.
 
"Hal ini tidak bisa dibiarkan, KONI Jabar harus bersikap agar situasi ini tidan mencederai pembinaan lebih dalam lagi," kata Aan Johana.
 
Ia mengkritisi kehadiran atlet-atlet baru dari luar Jabar banyak digunakan oleh tuan rumah Kabupaten Bekasi untuk menambah kekuatannya untuk mendulang emas Porda 2014.
 
"Sebagai pembina di tiap cabang kami tahu atlet-atlet itu bukan atlet Jabar, dan heran mereka bisa lolos dari tim keabsahan atlet. Itu harus dievaluasi, kasihan atlat-atlet asli binaan kita," katanya.
 
Ia menyebutkan, tidak hanya Kota Bandung yang dirugikan dengan kehadiran atlet "siluman" itu, tapi juga kontingen lainnya yang dipaksa menerima kenyataan gagal meraih target perolehan medali.
 
"Sekarang tinggal pilih, mau terus seperti ini atau segera dibenahi," katanya.
 
Ia menyebutkan tidak akan mempersalahkan hasil akhir dimana Kabupaten Bekasi tampil sebagai Juara Umum Porda Jabar XII/2014.
 
"Tidak akan mempersalahkan hasil pertandingan, namun kami berharap KONI Jabar jangan menutup mata dengan fenomena kehadiran atlet-atlet luar Jabar itu," katanya menambahkan. (AY)
.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,