Dua Pimpinan Partai Berkuasa di India Dibunuh di Kashmir

Dua Pimpinan Partai Berkuasa di India Dibunuh di Kashmir

Massa demonstran lancarkan protes atas terbunuhnya dua pimpinan partai berkuasa India. (foto - Reuters)

New Delhi - Sejumlah  orang  bersenjata  membunuh  pimpinan  partai  berkuasa  India,  Partai  Bharatiya Janata (BJP) di Negara Bagian Jammu dan Kashmir, Kamis malam. Insiden itu membuat pihak berwenang memberlakukan jam malam di wilayah tersebut.
 
Sekretaris negara bagian BJP Anil Parihar dan saudaranya Ajit ditembak mati di Kota Kishtwar, saat pulang ke rumah seusai menutup toko. Polisi masih menyelidiki, apakah kasus itu merupakan tindak kriminal atau serangan kelompok militan.
 
Dilansir Reuters, Jumat (2/11/2018) Anil Parihar adalah pemimpin berpengaruh di kawasan itu. Ia dipandang sebagai seorang tokoh moderat yang memiliki dukungan cukup besar, termasuk dari kalangan warga Muslim.
 
Kashmir merupakan satu-satunya negara bagian di India yang memiliki penduduk mayoritas Muslim, dan telah dilanda pemberontakan sejak sekitar 29 tahun lalu. India menuduh Pakistan menyembunyikan para militan anti-India di wilayahnya.
 
Namun demikian, tuduhan itu dibantah oleh Islamabad. Kedua negara bertetangga itu saling mengklaim Kashmir sebagai wilayahnya. Negara bagian itu berada di bawah pemerintahan langsung oleh pemerintah federal, yang memberi BJP kebebasan untuk mengendalikannya menjelang pemilihan umum yang harus digelar awal tahun depan.
 
Menurut pejabat Senior Kepolisian Kishtwar, Rajinder Gupta pimpinan BJP di negara bagian memiliki dua pengawal, tapi mereka tidak sedang bersama Anil saat kejadian.
 
Sementara itu Menteri Dalam Negeri Federal, Rajnath Singh mengatakan, ia terkejut dan sedih atas pembunuhan dua bersaudara tersebut. "Polisi akan menyelidiki semuanya untuk membawa pelaku ke pengadilan," kata Singh. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,