Tangis & duka Iringi pemakaman Andika Pratama di Cikadut

Tangis & duka Iringi pemakaman Andika Pratama di Cikadut

Andika Pratama dimakamkan di pemakaman keluarga Jamaras Cikadut Bandung, Senin 5 November 2018. (foto - ant)

Bandung - Suasana  duka  menyelimuti  prosesi  pemakaman  Andika  Pratama  (34),  pemandu pendakian yang meninggal tertimpa batu di Gunung Carstensz Pyramid Papua. Jenazah Andika dimakamkan di pemakaman keluarga Jamaras Cikadut Bandung, Senin (5/11/2018) pukul 07.30 WIB.
 
Jenazah baru tiba dari Papua dengan transit terlebih dahulu di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, langsung dibawa dan tiba di Bandung, Senin dinihari. Jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Padang Golf Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Bandung.
 
Usai pemakaman, rumah duka masih dibanjiri para pelayat. Sejumlah kerabat dan handai taulan mendatangi rumah duka yang sendiri dipenuhi karangan bunga. Pihak keluarga merasa kehilangan sosok anak pertama dari dua bersaudara itu.
 
Adik almarhum, Aulia Anindita menceritakan sosok Andika memang hobi mendaki gunung sejak di bangku sekolah. Berlanjut saat masuk organisasi mahasiswa pecinta alam Mahitala di Universitas Parahyangan (Unpar).
 
Akhirnya Andika pun bekerja di salah satu perusahaan pendakian expedition. "Kita tidak terlalu dekat karena beda kota dari SMA, tapi komunikasi cukup intens dia sederhana banget, orangnya nggak macam-macam," katanya.
 
Menurut Aulia, almarhum sudah pergi ke Carstenz sebanyak tiga kali. Bahkan, gunung yang berada di Papua itu merupakan gunung favoritnya. "Pernah bilang, semua gunung yang pernah gue datengin, Carstenz yang paling 'nyebelin' tapi begitu sampai di puncak, lu bakal jatuh cinta pada di gunung itu," katanya.
 
Seperti diketahui, Gunung Carstensz Pyramid atau yang biasa disebut Puncak Jaya Kesuma merupakan salah satu puncak tertinggi di Australia dan Oceania, gunung yang terletak di Papua itu memiliki ketinggian yang diakui mencapai 4.884 mdpl. 
Meski begitu, banyak sumber masih mengklaim tingginya adalah 5.030 mdpl.
 
 
 
Selain merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania, Carstensz Pyramid memiliki tekstur dan lapisan yang berbahaya lantaran terbuka dan curam. Oleh karena itu, banyak pendaki yang kesulitan saat ingin melakukan pendakian ke puncak. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,