Pasar Tradisional Kalibening Pronojiwo Lumajang Terbakar

Pasar Tradisional Kalibening Pronojiwo Lumajang Terbakar

Kebakaran Pasar Kalibening di Jalan Sultan Agung Kecamatan Pronojiwo Lumajang. (foto - ant)

Lumajang - Pasar Kalibening yang berada di Jalan Sultan Agung Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jawa Timur ludes terbakar, Senin (5/11/2018) sekitar pukul 18.15 WIB. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut.
 
Dalam kebakaran tersebut api dengan cepat menghanguskan kios yang berada di Pasar tradisional tersebut. Komandan TRC BPBD Adiarto Hendro mengatakan, tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) sudah berada di lokasi kejadian.
 
Jalan yang padat dan harus melintasi jalur piket nol membuat petugas Damkar kesulitan untuk bisa sampai lokasi kebakaran dengan cepat. Meski diiringi hujan rintik-rintik, kobaran api tidak terkendali, dengan cepat merembet ke bagian dalam pasar.
 
"Informasinya sudah masuk pasar bagian dalam, semoga kita segera sampai ke lokasi dan bisa segera menjinakkan api," kata petugas Damkar. Sebelum mobil Damkar tiba, warga dan pedagang berupaya melakukan pencegahan meluasnya jilatan si jago merah. Antara lain mematikan aliran listrik di pasar itu.
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan HS, membenarkan adanya peristiwa kebakaran tersebut. Asal api belum diketahui tiba-tiba membesar, seiring tertiup angin kencang dan membakar barang yang mudah terbakar.
 
Sejauh ini, pihaknya telah mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil tangki air BPBD ke lokasi sekitar pukul 19.54 WIB. Namun hingga pukul 22.40 WIB api yang menghanguskan sebagian besar bangunan pasar belum dapat dipadamkan petugas gabungan, baik dari BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, TNI dan Polri.
 
"Kita masih berupaya melakukan pemadaman," tegasnya. Belum diketahui penyebab kebakaran dan berapa jumlah pasti kios yang dilalap oleh si jago merah. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,