Jembatan Pasanggrahan Ambruk Tasikmalaya - Garut Putus

Jembatan Pasanggrahan Ambruk Tasikmalaya - Garut Putus

Jembatan Pasanggrahan di Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya ambruk diterjang banjir. (foto - ist)

Tasikmalaya - Jalur  penghubung  antara  Kecamatan  Cipatujah  Kabupaten  Tasikmalaya dan Kabupaten Garut Jawa Barat terputus total akibat jembatan Pasanggrahan ambruk setelah diterjang banjir, Selasa (6/11/2018) pagi.
 
Berdasarkan keterangan relawan Tagana Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya Rahmat Saputra menyatakan, jembatan Pasanggrahan sepanjang 70 meter di Kecamatan Cipatujah itu ambruk sekitar pukul 04.00 WIB, tersapu derasnya arus sungai.
 
"Hujan yang terus menerus mengguyur semalaman menyebabkan debit air naik. Air membesar ditambah masuknya air laut pasang, hingga akhirnya menghantam jembatan hingga ambruk," kata Rahmat. Akibat jembatan putus, sekitar 100 kepala keluarga (KK) di Desa Ciandum juga terisolir.
 
"Kami masih belum mengetahui pasti mengenai kondisi warga yang berada di Ciandum, yang juga dilaporkan terendam banjir. Petugas kesulitan untuk bisa menjangkau lokasi, karena arus sungai masih deras," katanya.
 
Selain menyebabkan ambruknya jembatan, banjir juga merendam 90 rumah di Desa Jajaway Kecamatan Cipatujah. Ketinggian air yang mencapai lebih dari 3 meter merendam rumah warga hingga bagian atap.
 
 
Sementara itu, anggota Tagana Kabupaten Tasikmalaya lainnya Ayat menjelaskan, kondisi jembatan sudah terputus hingga tak bisa dilewati kendaraan. Akibatnya warga yang akan beraktivitas harus mencari jalan alternatif lain.
 
"Jembatan ini masuknya wewenang provinsi karena berada di jalur lingkar selatan. Jalur tersebut sebagai akses utama menuju Pantai Cipatujah," katanya.
 
 
Selain itu, wilayah Kabupaten Tasikmalaya juga diterjang longsor tepatnya terjadi di wilayah Kecamatan Culamega, sedangkan banjir  menerjang Kecamatan Cipatujah dan Kecamatan Karangnunggal.
 
"Saat ini Basarnas sedang menuju lokasi longsor. Untuk banjir di Kecamatan Karangnunggal kabarnya ada dua desa yang tergenang," tegas Ayat. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,