Atiqah Hasiholan Buka Suara Soal Kondisi Ratna Sarumpaet

Atiqah Hasiholan Buka Suara Soal Kondisi Ratna Sarumpaet

Atiqah Hasiholan sambangi Mapolda Metro Jaya Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018. (foto - ist)

Jakarta - Atiqah  Hasiholan  akhirnya  angkat  bicara  menyoal  sang  ibu,  Ratna  Sarumpaet.  Meski  di  awal penangkapan aktivis vokal itu sempat bungkam, aktris berusia 36 tahun itu akhirnya membeberkan kondisi terkini sang ibu.

"Ibu saya selama setahun terakhir ini memang melakukan pengobatan, termasuk terapi dengan psikiater," kata Atiqah di Mapolda Metro Jaya Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018).

Menurut Atiqah, Ratna Sarumpaet ternyata mengalami masalah psikologis sebelum ditangkap karena kasus penyebaran berita bohong (hoax). Tindakan itu juga membuat Ratna ditetapkan sebagai tersangka oleh Subdit Jatanras Polda Metro Jaya, sejak 4 Oktober 2018.

Kondisi itu yang kemudian membuat Atiqah berencana mengajukan permohonan tahanan kota untuk sang ibu, yang telah berusia 69 tahun itu. Penahanan terhadap Ratna bisa sangat berpengaruh pada kondisi mentalnya. "Tekanannya mungkin jauh lebih berasa. Ia drop," tegas Atiqah.

Status tahanan kota bagi Atiqah, dirasa bisa memberikan pengaruh besar dalam proses hukum Ratna Sarumpaet. Bisa saja, hal tersebut membuat sang ibu jauh lebih siap dalam menghadapi proses hukum.

"Bagaimana pun juga berada dalam tahanan dengan berada di luar pasti berbeda. Itu akan mempengaruhi seseorang baik secara mental maupun fisik. Dengan tahanan kota akan mudah bagi ibu saya untuk recovery, sehingga di pengadilan nanti bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan lebih baik,” kata istri Rio Dewanto itu.

Diketahui, Atiqah Hasiholan menyambangi Mapolda Metro Jaya untuk membesuk sang ibu. Ini sudah kesekian kalinya ibu satu anak itu terlihat datang untuk mengecek kondisi terkini sang bunda. "Ya, sesering mungkin dijenguk. Setiap saya bisa," akunya.

Sejauh ini, pihak keluarga sudah mengajukan sang ibunda menjadi tahanan kota untuk keduakali. Meski yang pertama ditolak, Atiqah pun memohon kepada polisi agar pengajuan yang keduakalinya bisa dipenuhi dengan alasan kesehatan.

"Ini kita sudah keduakalinya minta penangguhan dan pengalihan. Pertama ditolak karena ada alasan masih ada pemeriksaan, yang kedua kita minta tanggal 29 belum ada jawaban," katanya. Ia optimis, polisi akan mengabulkan permintaan itu, agar Ratna Sarumpaet bisa menjalani pengobatan dengan serius. "Saya berharap sekali dengan kondisi ibu saya seperti ini dan juga udah nggak ada pemeriksaan lagi, insyaallah bisa dikabulkan".

"Artinya, berdasarkan KUHP penahanan itu ada 3 jenis, pertama di rutan, di rumah dan di kota. Kami pun tidak meminta dalam kapasitas dihilangkan status penahanannya. Itu saja yang kami mohonkan melihat kondisi beliau dalam masa pengobatan, dan harus setiap hari mengonsumsi obat," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Hot Seleb,
Tags:,