Lapan Siapkan Citra Satelit di 24 Pelabuhan

Lapan Siapkan Citra Satelit di 24 Pelabuhan

Ilustrasi Satelit.(Foto:Net)

Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyiapkan citra satelit resolusi tinggi di 24 pelabuhan, yang akan dikembangkan untuk Program Tol Laut.

"Ada 24 pelabuhan yang mau dikembangkan, 22 pelabuhan citra satelitnya sudah ada, tinggal dua pelabuhan lagi yang sedang kita kerjakan," kata Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, Orbita Roswintiarti, di Jakarta, Selasa (25/11)

Menurutnya, hasil citra satelit di dua pelabuhan yang dipersiapkan untuk menunjang Program Tol Laut terkendala, karena lokasinya yang sering tertutup awan saat penginderaan dilakukan.

Program Tol Laut sebagai sistem logistik kelautan dengan nama lain Pendulum Nusantara. Konsep ini memungkinkan kapal besar membawa logistik dari barat ke timur dan sebaliknya. Selain itu mendorong keberadaan pelabuhan laut dalam dapat disinggahi kapal-kapal besar.

Selain untuk menunjang rencana pembangunan 24 pelabuhan, ia mengatakan pihaknya membantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperoleh data dan informasi. Utamanya terkait potensi sumber daya maritim dengan citra satelit, sehingga mempermudah dalam perencanaan zonasi wilayah pesisir.

"Mereka (KKP) mau memperbarui data dan informasi pulau-pulau kecil terdepan, ini termasuk untuk melihat biota, rumput laut, dan beberapa variabel lain yang ingin diketahui. Kita serahkan citra satelitnya, tapi validasinya ya KKP, kalau kita terbatas anggarannya," ujarnya.

Lapan, lanjutnya giat melakukan kerja sama internasional untuk mendapatkan citra satelit yang dimaksud. "Datanya yang diterima sangat internasional. Jadi Lapan lakukan kerja sama internasional untuk bisa memperoleh citra satelit yang diminta KKP," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,