Empat Penipu Pencairan 'Uang Raja Rp 23 Triliun' Ditangkap

Empat Penipu Pencairan 'Uang Raja Rp 23 Triliun' Ditangkap

Pengungkapan 4 penipu berdalih pencairan 'uang raja-raja Indonesia' yang disimpan di Singapura dan Bank Dunia senilai Rp 23 triliun. (foto - ist)

Jakarta - Empat  penipu  dengan  dalih  pencairan  "uang raja-raja Indonesia"  yang  disimpan di Singapura dan Bank Dunia senilai Rp 23 triliun berhasil ditangkap. Kasus tersebut terungkap dari penjelasan tersangka kasus informasi bohong, Ratna Sarumpaet.
 
Berdasarkan keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebutkan, pelaku DS terendus lantaran sempat bertemu dengan Ratna di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat. Saat itu, Ratna menceritakan kisah penganiayaan karangannya.
 
"Pada kesempatan itu juga DS menyampaikan soal adanya uang raja-raja yang tersimpan di luar negeri sebesar Rp 23 triliun," kata Argo di Mapolda Metro Jaya Jakarta, Senin (12/11/2018).
 
Penipuan uang raja itu pun terendus, saat pelaku dimintai keterangan polisi. Pelaku diketahui sempat mau menipu ke korban lain yang nyaris merugi hingga Rp 1 miliar. "TNA (korban lain) nyaris ketipu. Polisi akhirnya membekuk empat pelaku yakni HR, DS, ‎AS dan RM. Ada satu lagi masih dalam pengejaran, yakni TT," katanya.
 
Argo mengatakan, polisi mendapatkan sejumlah barang bukti dari tangan pelaku. Antara lain foto bukti pemindahbukuan antar-rekening, satu tanda kewenangan Interpol Special Notice, satu tanda kewenangan dari BIN, KTP palsu dan laptop.
 
Sementara itu, tersangka kasus bohong penganiayaan Ratna Sarumpaet merupakan salah seorang korban penipuan, terkait uang raja-raja Indonesia senilai Rp 23 triliun. Bahkan, Ratna pernah mentransfer uang Rp 50 juta untuk mencairkan uang raja-raja itu.
 
"Jadi Ibu Ratna Sarumpaet sempat mentransfer uang untuk mengurus uang itu. Dari tersangka itu juga mencatut bank di bank Singapura dan World Bank, dengan alasan untuk meyakinkan uang transfer itu kepada korban," tegas Argo Yuwono.
 
Ratna sendiri tak membuat laporan ke polisi mengenai kasus penipuan itu. Namun, Ratna merasa tertipu. "Sejauh ini Ratna Sarumpaet transfer Rp 50 juta merasa tertipu. Namun hingga kini kita belum tahu karena belum ada laporan," ujarnya.
 
Selain Ratna lanjut Argo, ada korban lain berinisial TNA yang tertipu oleh para pelaku bahkan sampai mengirim uang Rp 940 juta. Argo mengimbau masyarakat segera melapor bila menjadi korban penipuan uang raja-raja itu. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,