Sebagai Bunda Literasi Jabar Atalia Fokus pada budaya Baca

Sebagai Bunda Literasi Jabar Atalia Fokus pada budaya Baca

Atalia kukuhkan 24 Bunda Literasi Kabupaten/Kota se-Jabar. (foto - Humas

Bandung - Atalia Praratya resmi dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Jawa Barat, Kamis  (15/11/2018). Untuk itu, Atalia akan konsentrasi pada program pengembangan budaya baca dan pembudayaan perpustakaan.
 
Salah satunya, yakni melalui pengembangan perpustakaan yang merupakan sarana untuk belajar. Perpustakaan antara lain memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif, riset dan penelitian.
 
Untuk menambah minat baca masyarakat Jabar, Atalia akan membentuk beberapa-program baru. Sedangkan program yang sudah berjalan adalah pojok baca yang sudah diterapkan di masyarakat, baik di rumah maupun di posyandu.
 
"Kita ingin mendorong minat baca. Kita akan menyusun program baru. Saat ini program yang sudah berjalan adalah pojok baca, yang sudah diterapkan di masyarakat, baik itu yang ditempatkan di rumah maupun posyandu," katanya.
 
Dalam kesempatan itu, Atalia juga mengukuhkan 24 Bunda Literasi Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Antara lain Kota Depok, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Cirebon, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kota Tasikmalaya.
 
Selain itu Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran serta Kabupaten Ciamis.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, minat baca masyarakat Indonesia berdasarkan hasil survei most littered nation in the world tahun 2016, menunjukkan posisi ke-60 dari 61 negara yang disurvei.
 
Minat baca orang Indonesia hanya 0,01 persen per tahun, atau satu berbanding sepuluh ribu orang. Hal itu menunjukkan, indonesia masih harus kerja keras untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait