Istri PM Eks Najib Razak Didakwa Menerima Suap Rp 661 Miliar

Istri PM Eks Najib Razak Didakwa Menerima Suap Rp 661 Miliar

Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. (foto - AFP)

Kuala Lumpur  - Istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor didakwa meminta dan menerima suap dari perusahaan yang mendapat proyek pemerintah sebesar RM 189 juta, atau sekitar Rp 661 miliar.
 
Seperti dilaporkan Channel News Asia, Kamis (15/11/2018) jaksa yang mendakwa Rosmah dengan dua tuduhan korupsi mengatakan, uang suap itu ada kaitannya dengan proyek panel surya senilai RM 1,25 miliar atau sekitar Rp 4,3 triliun di sejumlah sekolah di Negara Bagian Sarawak.

Jaksa mengatakan, Rosmah menerima suap sebesar RM 187,5 juta atau sekitar Rp 655,8 juta miliar dari eksekutif Jepak Holdings. Juga menerima suap kembali sebesar RM1.5 atau sekitar Rp 5,2 miliar pada tahun berikutnya.

Rosmah menghabiskan hampir empat jam di MACC untuk memberikan pernyataannya, mengenai kontrak penyediaan energi matahari ke sekolah di Sarawak. Ia mengaku tidak merasa bersalah atas dakwaan tersebut.

Ia pun sudah menghadapi 17 dakwaan sebelumnya, termasuk menerima hasil kegiatan ilegal dan tidak melaporkan pajak penghasilan. Ia mengaku tidak bersalah atas tuduhan itu.

Sementara Najib, suami Rosmah menghadapi 38 dakwaan mulai dari pencucian uang hingga penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran kriminal. Kasus itu sebagian besar karena skandal korupsi multi-miliar dolar di dana negara 1Malaysian Development Berhad (1MDB). (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,