Badai Gaja Terjang India, 33 Tewas Ratusan Ribu Mengungsi

Badai Gaja Terjang India, 33 Tewas Ratusan Ribu Mengungsi

Badai Gaja hantam kawasan pantai timur India. (foto - AFP)

New Delhi - Sedikitnya 33 orang tewas akibat Badai Gaja yang menghantam kawasan pantai timur India.  Kerusakan yang ditimbulkan cukup parah hingga membuat akses telekomunikasi dan listrik terputus.
 
"Sejauh ini 20 pria dan 11 wanita serta dua anak dilaporkan meninggal akibat terjangan badai tersebut," ungkap pejabat otoritas manajemen bencana negara. "Saat ini sebanyak 177.500 orang tinggal di lebih 351 kamp pengungsian. Ribuan pohon tumbang dan ternak juga terkena dampak yang parah," katanya.
 
Dilansir Channel News Asia, Minggu (18/11/2018) Ketua Menteri Edappadi Palaniswami, telah mengumumkan masing-masing keluarga korban mendapatkan kompensasi senilai 14.000 dolar AS, atau sekitar Rp 204 juta. Edappadi juga mengatakan, rata-rata korban tewas disebabkan oleh banjir, runtuhnya rumah dan gangguan listrik.
 
Ratusan pekerja darurat telah dikerahkan untuk memulihkan jalan dan kabel listrik. Pemerintah setempat juga mengatakan, satu helikopter Angkatan Laut dan dua kapal telah bergabung sebagai upaya bantuan untuk negara bagian itu.
 
Gaja adalah badai besar kedua yang menghantam kawasan pantai timur India, dalam beberapa pekan terakhir ini. Sementara Topan Titli menghantam negara Odisha pada bulan Oktober yang menewaskan sedikitnya dua orang.
 
Disebutkan, badai secara rutin melanda India selatan antara April dan Desember. Pada tahun lalu, Topan Ockhi menyebabkan hampir 250 orang tewas di Tamil Nadu, dan negara bagian Kerala. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,