Jawa Barat Siap Kembangkan Bank Wakaf Mikro di Masjid

Jawa Barat Siap Kembangkan Bank Wakaf Mikro di Masjid

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (foto - ist)

Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar bersama Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jabar, dalam waktu dekat akan mengembangkan program Bank Wakaf Mikro.
 
Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, program itu akan menyasar masjid sebagai tempat peminjaman uang. Nantinya jajaran DKM di masjid akan diberi pelatihan mengenai pengelolaan keuangan.

"Kita akan kembangkan bank wakaf mikro tempatnya di masjid, kita akan tes di Jabar, jadi per 500 jamaah masjid bisa kelola pinjaman di masjid dengan konsep ini," kata Emil pada acara Sertijab Kepala OJK Jabar di Kantor OJK Jabar Jalan Ir. H Djuanda Bandung, Senin (19/11/2018).

Emil berharap, lewat program tersebut ekonomi Jabar bisa terjaga, lebih maju serta inklusifitas ekonomi keuangan terjangkau. "Dengan demikian tidak ada masyarakat Jabar yang tidak bisa mengakses sumber keuangan," katanya.

Ia juga meminta OJK bisa terus mengawasi industri jasa keuangan di Jabar, agar masyarakat tidak menjadi korban penipuan. Misalnya, investasi bodong atau organisasi Fintech yang tidak kredibel.

"Kita juga ingin meningkatkan akses keuangan inklusif ke mereka yang tidak bank-able, tidak ada agunan dan lainnya. Formatnya banyak, seperti bank wakaf mikro, donatur, filantropi disalurkan ke pelosok 1 sampai 3 juta rupiah, digabung kredit mesra jadi bisa cover golongan menengah bawah," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,