Badai Debu Selimuti Australia Langit pun Berwarna Jingga

Badai Debu Selimuti Australia Langit pun Berwarna Jingga

Badai debu menyelimuti wilayah tenggara Australia. (foto - Getty Images)

New South Wales - Wilayah tenggara Australia diselimuti badai debu parah hingga menyebabkan warna langit berubah menjadi jingga.
 

Seperti dilaporkan BBC, karena badai debu tersebut menimbulkan potensi bahaya terhadap kesehatan. Sehingga pihak berwenang Australia merilis peringatan khususnya bagi masyarakat Sydney.

 

 

Seluruh warga diimbau tetap berada di dalam ruangan (rumah), khususnya bagi anak-anak, warga lanjut usia serta mereka yang mengidap masalah pernapasan.
 

Salah seorang warga Broken Hill, kota sejauh 1.100 kilometer sebelah barat Sydney mengatakan, debu tersebut terus mengambang di udara selama berjam-jam, pada Rabu 21 November.

 

 

"Saat Anda berjalan di luar, debu tersebut akan langsung masuk ke mata. Angin juga sedemikian kuat sehingga saya harus menahan pintu tetap terbuka. Sebab, jika tidak, pintu akan terbanting," kata Matt Whitlum.
 

Badai debu seluas 500 kilometer tersebut menurut aparat Australia, mulai mencapai Sydney. Sedangkan daerah lainnya di negara bagian New South Wales juga mulai diselimuti debu, sehingga menyebabkan pandangan menjadi tidak jelas.

 

 

Sementara itu, Biro Meteorologi Australia mengatakan badai itu dipicu oleh angin kencang yang membawa tanah kering. Masalah tersebut diperparah oleh musim kemarau yang mempengaruhi seluruh wilayah New South Wales sejak Agustus lalu.
 

Sebelumnya, badai debu tersebut pernah melanda Sydney pada 2009 lalu. Insiden itu menyebabkan ratusan orang mengalami masalah pernapasan, dan sejumlah pesawat tidak diperbolehkan untuk terbang. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait