Pipa Transmisi Pecah, PDAM Lakukan Distribusi Air Bergilir

Pipa Transmisi Pecah, PDAM Lakukan Distribusi Air Bergilir

Perbaikan pipa transmisi Cisangkuy Baru yang meledak di Desa Margahurip Banjaran Kabupaten Bandung. (foto - prfm)

Bandung - Pipa  transmisi  Cisangkuy  Baru  berdiameter  85  sentimeter  di  RT 01  RW 12  Desa  Margahurip  Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung Km 6 meledak (pecah). Peristiwa itu terjadi pada Minggu (25/11/2018) dinihari sekitar pukul 03.30 WIB.
 
Pipa transmisi tersebut milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Pipa sepanjang 32 km itu menyalurkan air dari Cikalong hingga Badak Singa.
 
"Berdasarkan laporan, ada suara ledakan keras dan gemuruh saat pipa itu pecah," kata Dirut PDAM Tirtawening, Sony Salimi saat on air di PRFM, Minggu (25/11/2018).
 
Menurutnya, mengenai penyebab ledakan pihaknya masih melakukan investigasi. Bisa saja pipa tersebut meledak karena tekanan tinggi yang mendadak atau pergerakan tanah. "Kemungkinannya banyak, saat ini penyebabnya sedang diinvestigasi," katanya.
 
Imbas dari pipa yang meledak tersebut lanjut Sony, menyebabkan distribusi air ke Kota Bandung mengalami gangguan. Air yang meluber keluar juga merendam empat rumah warga.
 
"Aliran air ke Kota Bandung pasti terdampak, tapi tidak mati total, sehingga kami akan lakukan distribusi bergilir," tegasnya.
 
Ia menjelaskan, pipa transmisi yang meledak ini berusia 28 tahun. Pipa tersebut sudah tertanam sejak 1990. "Studi menyebut bisa berumur 100 tahun, tapi sekarang tiba-tiba meledak. "Proses perbaikan memakan waktu sekitar tiga hari," tukasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,