Kerusuhan Pecah di Lapas Banda Aceh, Ratusan Napi Kabur

Kerusuhan Pecah di Lapas Banda Aceh, Ratusan Napi Kabur

Polisi berjaga-jaga di sekitar LP Kelas II A Banda Aceh kawasan Lambaro Aceh Besar setelah kerusuhan. (foto - ist)

Banda Aceh - Kerusuhan  narapidana  (napi)  pecah di  Lembaga Pemasyarakatan (LP)  Kelas II A Banda Aceh yang berada di kawasan Lambaro Aceh Besar. Akibat kerusuhan itu ratusan melarikan diri dari pintu utama.
 
Berdasarkan informasi dari petugas Lapas, kerusuhan di LP Kelas II A Banda Aceh di kawasan Lambaro Aceh Besar tersebut terjadi, pada Kamis (29/11/2018) malam sekitar pukul 19.00 WIB.
 
"Akibatnya, sebanyak 113 narapidana dan tahanan dilaporkan melarikan diri. Saat ini mereka masih dalam pengejaran aparat kepolisian. Sejumlah polisi pun masih berjaga-jaga di LP tersebut," kata petugas penjara.
 
Kerusuhan pun menyebabkan sejumlah jendela kaca hancur. Lebih dari seratusan penghuni penjara tersebut dilaporkan kabur melalui pintu utama. Sejauh ini, belum diketahui penyebab kerusuhan LP Kelas IIA Banda Aceh tersebut.
 
Kerusuhan yang lebih parah juga pernah terjadi di LP Kelas IIA Banda Aceh tersebut awal 2018 lalu. Ratusan penghuni penjara membakar bangunan kantor penjara itu. Penjara itu dihuni sekitar 500 napi dan tahanan.
 
Disebutkan, para narapidana tersebut melarikan diri setelah mereka memecahkan kaca jendela gedung utama Lapas. Para napi tersebut mengamuk dan memecahkan kaca jendela gedung utama lapas yang langsung tembus ke area parkiran.
 
Setelah kaca pecah, mereka kemudian beramai-ramai melompat keluar dan langsung kabur. Seorang ibu-ibu yang melintas di sekitar Lapas itu pun jadi sasaran para napi. Mereka menodong sang ibu dan merampas sepeda motornya untuk kabur.
 
Sejauh ini, kondisi di Lapas Banda Aceh itu sudah diamankan sejumlah aparat kepolisian dari Polresta Banda Aceh dibantu Polda Aceh. Garis polisi pun sudah dipasang di ruangan yang kacanya dipecahkan napi.
 
Sejumlah polisi berjaga-jaga sekitar lapas dan wartawan belum diizinkan masuk ke dalam. Polisi masih berupaya memburu para napi yang kabur. Suara tembakan ke udara pun beberapa kali terdengar. Belum ada keterangan resmi dari pihak lapas maupun kepolisian. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,