Gempa 7,0 SR Landa Alaska, Keluarkan Peringatan Tsunami

Gempa 7,0 SR Landa Alaska, Keluarkan Peringatan Tsunami

Sejumlah infrastruktur rusak akibat gempa 7,0 SR guncang wilayah Anchorage Alaska. (foto - Associated Press)

Anchorage - Badan  Geologi AS,  The US Geological Survey melaporkan  wilayah sekitar Anchorage  Alaska dilanda gempa berkekuatan 7,0 pada skala Richter (SR), Jumat (30/11/2018) sekitar pukul 8.29 pagi waktu setempat.
 
Seperti dilansir ABC News, Sabtu (1/12/2018) gempa tersebut terjadi sekitar 7,5 mil sebelah utara kota. Pejabat US Geological Survey melaporkan, warga terdampak gempa harus bersiap-siap untuk menghadapi gempa susulan.
 
NWS dan National Oceanic Atmospheric Administration mengeluarkan peringatan tsunami, khususnya terhadap sejumlah bagian di Alaska. Namun di negara bagian sekitarnya tidak menerima peringatan serupa. Namun gempa telah menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan.
 
Gempa tersebut menyebabkan puing-puing berjatuhan, bangunan rusak dan terjadi kerusakan infrastruktur besar. Sejauh ini, belum diketahui ada atau tidaknya korban, tetapi polisi daerah Anchorage mendesak warga untuk tetap waspada.
 
"Ada kerusakan infrastruktur besar di Anchorage. Banyak rumah dan bangunan rusak. Banyak jalan dan jembatan tertutup. Menjauhlah dari jalan jika Anda tidak perlu menyetir, carilah tempat berlindung. Periksa lingkungan Anda dan orang terdekat," sebut pejabat kepolisian.
 
Berdasarkan cuitan di Twitter Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders @PressSec, Presiden AS Donald Trump telah mengetahui peristiwa gempa itu. Sarah menyebutkan, pemerintah berdoa bagi keselamatan warga Alaska.
 
"Presiden telah diberitahu tentang gempa bumi di dekat Anchorage Alaska, dan memantau laporan adanya sejumlah kerusakan. Kami berdoa untuk keselamatan semua warga Alaska," demikian cuitannya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,