Peredaran 181 Kg Ganja Sindikat Aceh Digagalkan di Cianjur

Peredaran 181 Kg Ganja Sindikat Aceh Digagalkan di Cianjur

Pengungkapan peredaran ganja di kantor BNNP Jabar Jalan Terusan Jakarta Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Peredaran  181  kg  ganja  dari  Aceh  menuju Bandung berhasil digagalkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat, dari dua lokasi berbeda di Kabupaten Cianjur. Ganja tersebut akan diedarkan menjelang perayaan akhir tahun di wilayah Bandung.
 
"Memang mereka siapkan untuk keperluan akhir tahun di wilayah Bandung dan sekitarnya," sebut Kepala BNNP Jabar Brigjen Sufyan Syarif, di kantor BNNP Jabar Jalan Terusan Jakarta, Selasa (4/12/2018).
 
Menurutnya, pengungkapan itu diawali informasi mengenai dugaan upaya pengiriman narkoba menuju Jabar. Petugas kemudian melakukan penelusuran hingga mendapati jejak pelaku di kawasan Kabupaten Cianjur.
 
Penangkapan pertama dilakukan pada Minggu 25 November 2018, di depan sebuah minimarket di Kabupaten Cianjur. Petugas mendapati satu mobil boks berisi karung. Di dalamnya terdapat sejumlah paket ganja yang dibungkus lakban. Dua orang tersangka diamankan, DR dan IR.
 
Dari keterangan keduanya diketahui, ganja tersebut dikirim dari Aceh dengan tujuan Bandung dan sekitarnya. Perjalanan ditempuh melalui jalur selatan Jabar. Mereka juga mengakui baru melakukan transaksi dengan sejumlah orang sebelum ditangkap.
 
Pengejaran kemudian dilakukan berbekal keterangan tersebut. Tidak lama berselang, tiga orang ditangkap di sebuah vila di kawasan Cipanas Cianjur. Petugas juga mendapati sejumlah karung berisi paket ganja yang dibeli dan belum sempat diedarkan.
 
Tiga tersangka lainnya diamankan, yaitu IF, HI serta DS. Dari rangkaian pengungkapan itu diamankan 5 orang tersangka, dengan barang bukti paket ganja dengan berat total 181 kg. "Dengan jumlah itu, kita menyelamatkan 36.200 anak bangsa," tegas Sufyan. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,