Pamarican Diterjang Longsor Tutup Akses Jalan di Ciamis

Pamarican Diterjang Longsor Tutup Akses Jalan di Ciamis

Akses jalan tertutup longsor di Dusun Karangcingkrang Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. (foto - ist)

Ciamis - Longsor terjadi di Dusun Karangcingkrang Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, Selasa (4/12/2018) sekitar pukul 04.00 WIB. Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.
 
Longsor dengan panjang 15 meter dan tinggi 8 meter itu menutup akses jalan antar-desa ke kecamatan. Aktivitas warga terhambat karena akses satu-satunya itu tertutup material longsor, meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.
 
"Longsor area persawahan itu menutup jalan membuat warga sama sekali tidak bisa melintas. Tak hanya aktivitas warga yang terganggu, anak-anak sekolah di Pamarican pun tidak bisa melintas, mereka harus memutar," kata Anggota Tagana Ciamis Baehaki Efendi di Pamarican.
 
Baehaki menjelaskan, untuk saat ini warga dari Desa Mekarmulya yang akan ke Desa Sidamulih atau sebaliknya, harus memutar sejauh sekitar 15 kilometer.  "Memang jalan ini akses satu-satunya, ada tapi harus memutar ke Cinyawar atau Cikupa," katanya.
 
Sejauh ini, material longsor pun masih dibiarkan menutup jalan, karena sampai hujan memang masih mengguyur wilayah Pamarican dan sebagian wilayah Kabupaten Ciamis. "Sekarang masih hujan belum ada tindakan," tegas Baehaki.
 
Ia menambahkan, saat ini alat berat sangat dibutuhkan untuk membersihkan material longsoran secara cepat. Jika tidak ada akan dilakukan secara manual dengan gotong-royong. Namun, karena longsor cukup panjang dan tinggi, maka butuh waktu cukup lama.
 
"Untuk mengevakuasi material longsoran butuh alat berat agar jalan bisa dilalui kembali. Kasihan warga dan anak sekolah harus memutar jauh sementara ini karena akses jalannya tertutup," katanya. 
(Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,