Badai Matahari Bergerak Menuju Bumi

Badai Matahari Bergerak Menuju Bumi

Badai Matahari bergerak menuju Bumi. (Ilustrasi: CikalNews)

Washington - Pusat Prakiraan Cuaca Luar Angkasa memperkirakan, sebuah badai matahari yang sedang bergejolak sedang menuju ke bumi. Badai matahari ini sangat kuat. Kendati tidak membahayakan bagi manusia, namun badai yang merupakan jilatan api bola api matahari ini dapat mempengaruhi jaringan listrik, radio dan satelit.

Para ahli NASA menyebutkan, nadai matahari yang merupakan kombinasi energi dari dua gejolak matahari baru-baru ini akan tiba di bumi pada hari Sabtu (13/09/2014). Demikian prediksi mengenai pengamatan badai geomagnetik yang kuat seperti dilansir CNN, Jumat (12/9/2014). Disebutkan, energi dari kedua letusan tersebut sedang mengarah ke bumi. Para ahli cuaca luar angkasa tak terlalu yakin apa yang bisa diperbuat badai matahari tersebut.

Menurut seorang meteorologis CNN, Chad Myers, sejauh ini pihaknya masih mengamati perjalanan badai matahari tersebut. Ditambahkan Lika Guhathakurta, seorang ilmuwan NASA di Solar Dynamics Observatory, penduduk bumi tidak perlu merasa khawatir berlebihan terhadap badai matahari tersebut. Sebab atmosfer bumi biasanya melindungi manusia. “Tetapi mungkin juga diperlukan untuk membawa senter kemana-mana. Badai matahari bisa merusak sumber listrik dan mengganggu GPS serta komunikasi radio, termasuk di antaranya penerbangan dan merusak satelit,” ungkapnya.

Seperti diketahui, letusan akibat badai matahari terkadang berhubungan dengan lidah api matahari, kejadian paling eksplosif dalam tata surya. Matahari telah melepaskan 2 letusan dalam 2 hari terakhir, dan keduanya berkaitan dengan badai matahari. NASA mengatakan badai kedua adalah kelas X1.6 yaitu termasuk dalam kategori paling kuat.. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:antariksa,