Tsunami Kurang 1 Meter Terjang Vanuatu Usai Gempa 7,5 SR

Tsunami Kurang 1 Meter Terjang Vanuatu Usai Gempa 7,5 SR

Pulau Tanna Vanuatu diterjang tsunami meski kecil setelah diguncang gempa 7,5 SR. (foto - Outlook India)

Vanuatu - Kawasan  Kaledonia  Baru  dan  sekitarnya  dilanda  tsunami  kurang dari satu meter, setelah diguncang gempa berkekuatan 7,5 pada skala Richter. Tinggi tsunami tersebut setinggi 72 cm di Pulau Tanna Vanuatu.
 
Dilansir AFP, Kamis (6/12/2018) pejabat pertahanan sipil di kawasan Noumea Kaledonia Baru mengatakan, tsunami menerjang Pulau Loyalty dan Pulau Pines, namun tak menimbulkan kerusakan berarti.
 
"Laporan dari area telah terkonfirmasi, kekuatan tsunami telah berkurang signifikan dan tak lagi berisiko besar terhadap populasi," kata juru bicara pertahanan sipil. "Tak ada yang terluka dan tak ada kerusakan," katanya.
 
Gempa M 7,5 telah mengguncang kawasan Kaledonia Baru dan sekitarnya pada Rabu 5/ Desember waktu setempat. Pusat gempa berada pada 170 km tenggara Pulau Loyalty Kaledonia Baru dengan kedalaman 10 km.
 
Tiga jam setelah guncangan gempa, Pusat Peringatan Tsunami yang berbasis di Hawaii mengumumkan ancaman tsunami telah berlalu. Namun gempa susulan hingga 6,6 SR masih mengguncang kawasan itu.
 
Sebelumnya, peringatan tsunami diberlakukan untuk Vanuatu dan Kaledonia Baru, setelah gempa berkekuatan 7,5 SR melanda wilayah tersebut. Pusat Tsunami Nasional AS mengatakan, gempa itu terjadi di kedalaman dangkal.
 
"Gelombang tsunami yang berbahaya" telah diperkirakan melanda pulau-pulau sekitar oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC). Disebutkan, gelombang 1 hingga 3 meter di atas permukaan laut bisa menghantam Kaledonia Baru dan Vanuatu.
 
Menurut PTWC, gelombang apapun yang melanda Australia sebagai akibat dari gempa itu akan kurang dari 0,3 meter. Setidaknya lima gempa susulan juga terjadi, dengan kekuatan mulai dari 5,6 hingga 6 Skala Richter.
 
Kaledonia Baru terletak di "Cincin Api" Pasifik busur patahan seismik di sekitar Samudera Pasifik, di mana sebagian besar gempa bumi dunia dan aktivitas gunung berapi terjadi. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,