Lima Petinggi Perum Jasa Tirta Diperiksa oleh Penyidik KPK

Lima Petinggi Perum Jasa Tirta Diperiksa oleh Penyidik KPK

Penyidik KPK periksa lima petinggi Perum Jasa Tirta II Jatiluhur di Mapolres Purwakarta. (foto - ist)

Purwakarta - Sedikitnya  lima  petinggi  Perum  Jasa  Tirta  II  Jatiluhur  diperiksa  penyidik  KPK.  Pemeriksaan  dilakukan  di Mapolres Purwakarta Jalan Veteran Kabupaten Purwakarta, Rabu (5/12/2018).
 
Namun, dari kelima orang tersebut tidak tampak Direktur Utama PJT II Djoko Saputro. Sementara pemeriksaan dilakukan oleh lebih dari 10 orang petugas KPK di ruang tertutup di Mapolres, tepatnya di Aula Pengabdian.
 
Pemeriksaan dimulai sejak pukul 09.00 dan hingga sore hari. Para awak media pun tidak bisa memasuki ruangan pemeriksaan, sehingga kebanyakan tetap setia menunggu di sekitar lobi gedung Mapolres Purwakarta.
 
Petugas KPK saat pemeriksaan tidak lagi menggunakan rompi khusus KPK. Namun kebanyakan menggunakan seragam batik dan kemeja lengan panjang, saat terlihat memasuki Aula Pengabdian. Dua orang petugas pun berpangkat perwira menjaga di depan pintu masuk aula.
 
Dari kelima orang yang diperiksa tersebut, satu orang di antaranya merupakan perempuan. Meski demikian, sejauh ini masih menjadi misteri mengenai atas dasar kasus apa mereka diperiksa.‎
 
Sementara itu, Humas PJT II Susilo mendukung dan menghormati proses pemeriksaan yang tengah berlangsung. Meski demikian, manajemen PJT II belum bisa memberikan konfirmasi terkait kasus itu, karena manajemen PJT II tidak berwenang.
 
"PJT II akan sepenuhnya taat hukum, dan menyerahkan proses hukum ke KPK. Hal itu karena KPK dipastikan memiliki kewenangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan," katanya.
 
Juru Bicara KPK Febri Diansyah pun belum bisa memberikan keterangan yang jelas. N‎amun menurut Febri, pemeriksaan itu merupakan kasus baru yang sedang dikembangkan. Yakni terkait penyelewengan dana untuk proyek jasa konstruksi.
 
"Kami juga telah menetapkan tersangka dalam kasus itu. Karena penggeledahan bisa dilakukan setelah adanya tersangka. Namun kami belum bisa menyampaikan siapa yang menjadi tersangka dalam kasus ini," tega Febri.
 
Sebelumnya, petugas KPK melakukan penggeledahan lebih dari 14 jam di Kantor Pusat PJT II Jalan Lurah Kawi Desa Jatiluhur Kecamatan Jatiluhur. Pemeriksaan dimulai pada pukul 11.00 WIB dan baru berakhir pada pukul 01.17 WIB dinihari.
 
Petugas dari KPK pun terlihat mem‎bawa sejumlah berkas ke dalam kendaraan jenis Toyota Innova. Dari informasi yang beredar, KPK juga memeriksa ruangan unit pelayanan pengadaan di lokasi. Selain mendokumentasikan sejumlah kendaraan dinas yang ada. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,