Jalur Bandung - Garut Kembali Tergenang Lalu Lintas Macet

Jalur Bandung - Garut Kembali Tergenang Lalu Lintas Macet

Banjir menggenang di ruas jalan depan PT Kahatex. (foto - @arie_wear)

Bandung - Jalan  Raya  Bandung - Garut  kembali  yang berbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang kembali tergenang, Kamis (6/12/2018) malam. Banjir setinggi 30 - 40 cm, setelah kawasan itu diguyur hujan deras.
 
Untuk menanggulangi genangan banjir di jalur jalan yang menghubungkan Bandung dan Garut itu, pemerintah beberapa bulan terakhir ini fokus pada pengerjaan pembangunan saluran drainase, di bagian kiri dan kanan jalur jalan antar-provinsi itu.
 
Pembangunan drainase itu masih dalam penataan atau pengerjaan. Dengan harapan, pembangunan drainase itu bisa meminimalisir genangan banjir, dan mempercepat aliran air saat ruas jalan nasional itu tergenang air pada musim hujan.
 
Genangan air pasca-hujan deras pada Kamis malam tersebut terjadi di depan PT Vonex Indonesia Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Kondisi serupa tampak di depan PT Kahatex Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. kedua wilayah itu memang menjadi langganan banjir karena berada pada ruas jalan yang rendah.
 
Penyebab genangan air hujan itu diduga karena ada bagian saluran drainase yang tersumbat, sehingga menimbulkan genangan banjir. Dampak dari genangan itu kendaraan yang melaju dari arah Cicalengka dan Garut tujuan Cileunyi Bandung tersendat.
 
Pengendara yang nekat menerobos genangan banjir pun laju kendaraannya terpaksa melambat. Bahkan, tak sedikit kendaraan roda dua yang mogok dan terpaksa harus didorong menembus genangan banjir.
 
Akibatnya, kepadatan kendaraan yang melaju di jalur tersebut tak terhindarkan hingga terjadi kemacetan parah.  Sejumlah pengendara mengeluhkan dampak genangan banjir di depan PT Vonex Indonesia terkait kemacetan kendaraan mengeluar hingga Parakanmuncang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,