Ahok Minta Camat Aktif Tanggulangi Banjir

Ahok Minta Camat Aktif Tanggulangi Banjir

Banjir Y|ang Menyerang Jakarta Beberapa Waktu Lalu. (Foto: ANTARA)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta para camat dan lurah berperan aktif dalam penanggulangan bencana banjir di seluruh wilayah ibukota.
 
"Saya minta semua camat dan lurah ikut terlibat langsung dalam penanggulangan banjir di wilayahnya masing-masing. Bersihkan saluran air, jangan sampai ada yang tersumbat," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (26/11/2014).
 
Menurut dia, sejauh ini para camat dan lurah telah menunjukkan kinerja yang baik, yakni dengan membersihkan saluran air di wilayahnya masing-masing, sehingga genangan pun berkurang.
 
"Secara keseluruhan, memang sudah banyak titik genangan air berkurang. Saya mengapresiasi kinerja para camat dan lurah. Namun, evaluasi akan terus kita lakukan," ujar Basuki.
 
Dia menuturkan apabila dalam evaluasi tersebut pihaknya menemukan masih ada saluran-saluran air yang kotor dan tersumbat, maka camat dan lurah yang bersangkutan akan dikenai sanksi tegas.
 
"Kalau nanti ketika dievaluasi masih ada saluran yang tidak bersih dan mampet, maka camat dan lurah yang bertanggung jawab akan kita berikan sanksi tegas, yaitu distafkan (dijadikan staf biasa)," tutur Basuki.
 
Lebih lanjut, dia mengungkapkan evaluasi tersebut akan dilaksanakan pada akhir Desember 2014. Untuk sementara ini, dia mengaku masih ingin melihat kinerja para camat dan lurah yang ada di wilayah DKI Jakarta.
 
"Kalau memang ternyata camat dan lurah itu tidak bisa membuat perubahan terhadap lingkungannya, maka kita akan cari penggantinya. Sedangkan camat dan lurah yang lama akan kita stafkan saja," ungkap Basuki.
 
Dia mengharapkan para camat dan lurah dapat berlaku sigap saat bencana banjir datang melanda, yaitu dengan cara segera menyisir lokasi, mencari tahu penyebabnya dan mengambil langkah sebagai solusi atas masalah tersebut. (AY) 
.

Categories:Nasional,
Tags:ahok,