Bandung Raih Penghargaan Kota Paling Inovatif di IGA 2018

Bandung Raih Penghargaan Kota Paling Inovatif di IGA 2018

Walikota Bandung berfoto bersama Mendagri Tjahjo Kumolo dan kepala daerah lain di acara IGA 2018 Hotel Sahid Jaya Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat, Jumat 7 Desember malam. (foto - Humas)

Jakarta - Pemkot  Bandung  meraih  penghargaan  peringkat  pertama "Innovative Government Award (IGA) 2018" bidang inovasi untuk Kategori Pemerintah Kota se-Indonesia. Penghargaan itu makin menegaskan Bandung sebagai kota paling inovatif di Indonesia.
 
Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Kepada Walikota Bandung Oded M.Danial, pada acara IGA 2018 di Hotel Sahid Jaya Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018) malam.
 
"Alhamdulillah di Kompetisi IGA Award 2018 Bandung meraih juara pertama di bidang Pemerintahan Kota Terinovatif. Inovasi itu semoga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Oded seusai menerima penghargaan.
 
Mang Oded panggilan akrabnya berharap, di era kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Yana Mulyana, dapat menghadirkan inovasi untuk semakin mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kota Bandung. "Untuk itu, kami mendorong aparatur kewilayahan untuk berinovasi. Inovasi harus terus lahir di Kota Bandung," katanya.

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah, sebagai apresiasi atas inovasi yang telah berhasil dilakukan. Penghargaan itu agar dapat mendorong kompetisi positif antarpemerintah provinsi, juga pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sejauh ini, Pemkot Bandung memiliki dan memanfaatkan sebanyak 66 inovasi. Yakni sebanyak 18 inovasi pelayanan publik, 32 inovasi tata kelola pemerintahan. Sedangkan sisanya, 16 inovasi di bidang lainnya.

Sejumlah inovasi milik Pemkot Bandung juga telah banyak memperoleh penghargaan dari berbagai pihak. Inovasi itu di antaranya Mini Lab Laboratory, Omaba (Ojek Makanan Balita), Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling). 

Bahkan, telah ada sebanyak 93 pemerintah kota/kabupaten yang mereplikasi inovasi milik Pemkot Bandung. Sebanyak 22 inovasi telah dihibahkan ke pemerintah daerah lain. Sejumlah inovasi yang paling banyak dihibahkan antaranya, Sabilulungan, e-RK dan e-Musrenbang. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,