Tanah Amblas di Tengah Jalan Cantilan Kabupaten Bandung

Tanah Amblas di Tengah Jalan Cantilan Kabupaten Bandung

Lubang besar di Jalan Cantilan - Gunung Pancir Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung. (foto - Twitter)

Bandung - Warga dikagetkan adanya lubang berukuran besar di ruas Jalan Cantilan - Gunung Pancir Kampung Palung Pusing Desa Jelegong Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Minggu (9/12/2018).

Lubang berukuran lebar 10 - 20 meter dengan kedalaman 10 - 15 meter itu akibat amblasnya permukaan tanah, yang di atasnya merupakan jalan penghubung dari Ciharuman menuju Jalan Terusan Nanjung atau sebaliknya.

Pada bagian jalan yang amblas tersebut sudah dipasang garis polisi, untuk mencegah adanya korban jiwa. Namun demikian, jalan kabupaten yang amblas tersebut kini sudah tidak bisa dilalui kendaraan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung langsung menerjunkan personelnya ke lokasi kejadian, untuk mengetahui potensi ancaman yang bakal terjadi di sekitar lokasi tanah amblas.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung H. Akhmad Djohara melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung Hendra Hidayat menyatakan, setelah mendapat informasi kejadian tanah amblas di ruas jalan Desa Jelegong, sejumlah personel BPBD langsung diterjunkan ke kokasi.

"Setelah melihat kondisi di lapangan ternyata terjadi pergerakan atau pergeseran tanah itu. BPBD segera melayangkan surat permohonan ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk mengkaji terjadinya tanah amblas," kata Hendra.

Ia menjelaskan, setelah surat permohonan itu dilayangkan selama 2-3 hari, diperkirakan dari Tim Vulkanologi akan turun ke lokasi tanah amblas tersebut untuk melaksanakan kajian. "Dari hasil kajian Vulkanologi nantinya akan keluar rekomendasi yang harus dilaksanakan BPBD, pasca terjadinya tanah amblas," katanya.

Hendra mengatakan, sambil menunggu hasil kajian dari Tim Vulkanologi, BPBD berusaha untuk melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak,. Antara lain dengan aparat desa maupun dengan jajaran muspika setempat. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,