Longsor Cikadongdong teratasi KA Bandung-Jakarta Lancar

Longsor Cikadongdong teratasi KA Bandung-Jakarta Lancar

Sejumlah penumpang Argo Parahyangan saat menunggu pemberangkatan kereta di Stasiun Rendeh Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat. (foto - Twitter)

Bandung - Longsor yang menerjang kawasan antara Stasiun Cikadongdong dan Stasiun Rendeh berhasil diatasi. PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 2 Bandung melakukan perbaikan pukul 15.20 WIB.
 
"Alhamdulillah, penanganan dari tim Daop 2 berjalan baik sejak pukul 15.20 WIB. Dengan demikian, KA 23 yaitu KA Argo Parahyangan tujuan Jakarta merupakan kereta yang pertama melewati lokasi," kataManager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus dalam keterangannya, Sabtu (15/12/2018).
 
Menurut Joni, pada musim penghujan saat ini semua jajaran Daop 2 terus siaga. Hal itu berkaitan dengan kondisi jalur kereta api di wialayah Daop 2 melewati sejumlah daerah yang rawan pergerakan tanah.
 
Setiap saat selalu disiapkan flying gank (regu siaga) yang bisa segera bertindak jika terjadi berbagai gangguan, baik alam maupun teknis yang bisa mengganggu kelancaran operasional kereta. Selain itu, di setiap daerah rawan pun selalu disiagakan regu khusus, yang mengawasi daerah tersebut selama 24 jam.
 
Seperti diketahui, masinis KA Argo Parahyangan Tambahan yang lewat di Km 133+4/5 melaporkan terjadinya longsor di antara Stasiun Cikadongdong dan Stasiun Rendeh, pada pukul 12.45 WIB. Pihak Daop 2 langsung melakukan perbaikan dan sementara menghentikan operasi kereta yang akan melewati lokasi.
 
Ia menyatakan, sedikitnya terdapat 5 perjalanan kereta api yang tertahan, antara lain dua KA Argo Parahyangan menuju Jakarta dan tiga KA Argo Parahyangan menuju Bandung.
 
"Untuk keselamatan perjalanan kereta api, sejumlah kereta api terpaksa ditahan di stasiun terdekat. Oleh karena itu, akan terjadi keterlambatan kedatangan dan keberangkatan menuju Jakarta atau pun sebaliknya," tegas Joni.
 
Atas kejadian tersebut, Joni Martinus pun menyampaikan permohonan maaf kepada pata pengguna jasa kereta api. Pasalnya, longsoran itu berdampak perjalanan kereta yang akan berangkat maupun datang terganggu.
 
"Kami memohon maaf kembali atas terganggunya kenyamanan pengguna kereta api. Terdapat longsoran pada tiang pijakan jembatan antara Stasiun Cikadongdong dan Stasiun Rendeh, sehingga beberapa kereta yang akan melewati lokasi kami tahan perjalanannya di stasiun terdekat," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,