Disdukcapil Kabupaten Bandung Musnahkan 29.389 e-KTP Invalid

Disdukcapil Kabupaten Bandung Musnahkan 29.389 e-KTP Invalid

Pemusnahan e-KTP yang invalid Disdukcapil Kabupaten Bandung. (foto - prfm)

Bandung - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung memusnahkan 29.389 keping e-KTP yang invalid (salah cetak) di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung. e-KTP itu dimusnahkan dengan cara digunting dan dibakar dalam tong, Senin (17/12/2018).

Kadisdukcapil Kabupaten Bandung Salimin menyebutkan, proses pemusnahan e-KTP itu dilakukan sesuai arahan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri. e-KTP yang dimusnahkan berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bandung, yang dikumpulkan sejak Jumat 14 Desember hingga Minggu 16 Desember 2018.

"Hal itu bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan e-KTP yang rusak," kata Salimin. e-KTP yang dimusnahkan selain karena rusak maupun invalid, juga karena e-KTP milik warga Kabupaten Bandung yang sudah pindah kependudukan ke daerah lain atau berubah data.

Dari sebanyak 29,389 keping e-KTP yang dimusnahkan tersebut, paling banyak berasal dari Kecamatan Baleendah, yang merupakan e-KTP cetakan periode 2011 - 2013.

Ia menyatakan, penyalahgunaan e-KTP invalid bukan hanya karena untuk kepentingan Pilpres. Banyak hal yang bisa dilakukan berbatgai pihak tak bertanggung jawab dari e-KTP invalid itu. "Bukan hanya untuk Pilpres, mungkin digunakan untuk ke bank," katanya.

Sejauh ini, Disdukcapil Kabupaten Bandung sudah merekam sekitar 97 persen, dari jumlah warga Kabupaten Bandung yang wajib e-KTP mencapai 2,5 juta jiwa. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,