Bank bjb Siap Dorong Ekonomi Desa Dukung Program OVOC

Bank bjb Siap Dorong Ekonomi Desa Dukung Program OVOC

Rangkaian acara penandatanganan kerja sama Bank bjb di Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Kamis 20 Desember 2018. (foto - ist)

Garut - Sebagai  wujud  nyata Agent of Development, PT Bank Pembangunan Jawa Barat  (Bank bjb)  mendukung berbagai program pemerintah. Untuk itu, Bank bjb siap memberikan dukungan untuk membuka akses keuangan/perbankan di pedesaan, melalui program bjb BiSA Laku Pandai.
 
Salah satu perwujudan itu Bank bjb melakukan penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) DPLK dengan Dinas Desa Kabupaten Garut. Kegiatan itu merupakan bentuk dukungan terhadap program Pemprov Jabar, khususnya dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat lewat perbankan. Dengan begitu,  Bank bjb siap berkontribusi pada layanan One Village One Company (OVOC).
 
"Bank bjb sebagai salah satu anggota Tim TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) Jabar berkomitmen untuk mengangkat potensi peningkatan perekonomian di desa," sebut Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko sebagai pelaksana tugas Direktur Utama Bank bjb Agus Mulyana, seusai bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyaksikan penandatanganan PKS, di Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Kamis (20/12/2018).
 
Menurut Agus Mulyana, Bank bjb selama ini selalu mencermati potensi perekonomian di desa. Pihaknya juga selalu berupaya menyelaraskan kegiatan usaha Bank bjb dengan program Pemprov Jabar, antara lain melalui produk dan program pemberdayaan desa, yakni program PESAT Bank bjb bagi desa.
 
"Dengan produk tersebut, Bank bjb dapat hadir sebagai bank yang berbagai produknya dapat diakses sampai dengan wilayah administratif di bawah kecamatan atau desa," tegas Agus Mulyana.
 
Ia menjelaskan, untuk menyukseskan program itu berbagai unsur akan dilibatkan, baik dari pemerintah, non-pemerintah maupun masyarakat.  Unsur pemerintah antara lain Kemendagri, Kemendesa PDTT, OJK, Pemprov Jabar melalui Perangkat Daerah Leading Sector - Non Leading Sector.
 
"Selain Bank bjb, terdapat juga dari unsur non-pemerintah lainnya. Antara lain dari Badan Usaha Swasta, Perguruan Tinggi di Jabar serta sejumlah asosiasi masyarakat,” katanya.
 
Agus menambahkan, dalam program OVOC unsur masyarakat juga dilibatkan. Antara lain lembaga masyarakat di desa, seperti BPD, LPM, RW, PKK, Karang Taruna, Posyandu dan BUMDesa. Selain itu,  terdapat kelompok seniman dan cendekiawan, sesepuh kampung adat di Jabar, LSM, Ibeka hingga pondok pesantren di Jabar.
 
Peluncuran program itu dibuka dengan acara diskusi terbatas potensi/masalah desa perbatasan, kendang pencak silat dan oray-orayan serta penanaman pohon. Acara ditutup dengan peninjauan BUMDesa binaan TPAKD, peninjauan produk unggulan masyarakat desa binaan non-pemerintah,  demo membatik dan menyeduh kopi serta beragam hiburan serta pembagian doorprize. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,