Polrestabes Bandung Amankan 6 Pengeroyok Warga Kanada

Polrestabes Bandung Amankan 6 Pengeroyok Warga Kanada

Enam dari tujuh pemuda pengeroyok bule Kanada mendekam di sel tahanan Mapolsek Astanaanyar. (foto - ist)

Bandung - Sekelompok pemuda yang terlibat pengeroyokan seorang pria warga negara Kanada, Ryan Jeffery Fulford (26) diamankan tim gabungan Unit Reskrim Polsek Astanaanyar beserta Satreskrim Polrestabes Bandung.
 
Enam dari tujuh orang pemuda yang mengeroyok bule tersebut saat ini mendekam di sel tahanan Mapolsek Astanaanyar. Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai menyatakan, kejadian bermula saat korban bermain biliar di Jalan Astanaanyar Bandung, Minggu 23 Desember 2018.

"Sekitar pukul 2.00 WIB, korban selesai bermain dan ngopi di sekitar tempat biliar. Tiba-tiba ia dihampiri oleh tiga orang pelaku," kata Rifai dalam keterangannya, Senin (24/12/2018).
 
Salah seorang pelaku mengaku, saat itu mendapat perkataan yang tidak enak dari korban. Para pelaku yang terpengaruh minuman keras cekcok dan terlibat perkelahian dengan korban. 

Bahkan, pelaku yang awalnya tiga orang memanggil teman-temannya hingga mencapai tujuh orang. Mereka mengeroyok dengan tangan kosong dan sesekali memukul korban pakai helm. "Akibatnya korban mengalami luka-luka, dan hingga sekarang masih merasa pusing," katanya. 

Pihak kepolisian yang mendapat laporan kejadian itu langsung menyelidiki dan mengejar pelaku. Kurang dari 24 jam, enam pelaku yakni M Pangestu alias Kaka (20), Feri Supriatna (20), Aditya Prasetyo alias Kede (23), M Musa Kalamulloh (21), MNA alias Iming (16) dan Andi Lesmana alias Ibeng (25) berhasil ditangkap.
 
AKBP M Rifai mengatakan, kelompok pemuda itu selain menganiaya juga mengambil tas korban berisi uang 2.700 dolar Australia dan dua unit ponsel. Aksi tersebut berlangsung setelah pelaku menganiaya bule tersebut.
 
"Uang dolar itu oleh pelaku sudah ditukar dengan rupiah. Saat pelaku ditangkap di wilayah Babakan Ciparay Bandung, uang hanya tersisa Rp 12,7 juta," katanya.

Polisi menyita barang bukti, berupa uang dolar hasil curian Rp 12,7 juta, tas korban, helm dan motor yang digunakan para pelaku saat kejadian. Mereka dijerat Pasal 170 dan 365 KUHPidana tentang pengeroyokan dan pencurian dengan kekerasan, ancamannya 12 tahun bui. (Jr.)**
.

Tags:,