Penetapan Anggaran Bukan Hasil Nego atau Kolusi

Penetapan Anggaran Bukan Hasil Nego atau Kolusi

Penetapan Anggaran Bukan Hasil Nego atau Kolusi

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan penetapan anggaran bukan berdasarkan hasil negosiasi atau kolusi dan nepotisme.
 
"Untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan anggaran harus dilakukan dengan pengintegrasian pengelolaan dan pertanggungjawaban kinerja seluruh instansi pemerintah," katanya di Jakarta, Rabu (26/11/2014).
 
Dia menuturkan anggaran hanya diberikan kepada instansi yang memiliki sasaran strategis sesuai dengan prioritas pemerintah.
 
"Selama ini pengelolaan sumber daya keuangan negara masih diwarnai dengan penyimpangan-penyimpangan, sejak tahap perencanaan dan penyusunan anggaran, pelaksanaan sampai dengan laporan pertanggungjawabannya," ujarnya.
 
Yuddy menjelaskan penetapan besaran anggaran lebih banyak didasari pada pembagian "kue" semata, adapun pertanggungjawaban penggunaan anggaran, hanya fokus pada kemana uang itu dibelanjakan, tanpa dikaitkan dengan manfaat yang dihasilkan.
 
"Akibatnya, banyak sekali dana-dana yang dihamburkan untuk kegiatan-kegiatan yang sebenarnya tidak menjadi prioritas, dan tidak berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya lagi.
 
Menurut dia, dalam era pemerintahan Joko Widodo saat ini, prioritas program dan kegiatan strategis pemerintah harus ditetapkan berdasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat.
 
"Dari situ ditetapkan sasaran strategis instansi masing-masing, dengan ukuran kinerja yang jelas," tambahnya. (AY)
.

Categories:Ekonomi,
Tags:nasional,