Longsor di Malangbong Tutupi Jalur Bandung - Tasikmalaya

Longsor di Malangbong Tutupi Jalur Bandung - Tasikmalaya

Longsor di Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong tutupi jalur Bandung - Tasikmalaya. (foto - @tmclantasgarut)

Garut - Jalur  jalan  nasional Bandung - Tasikmalaya sempat tertutup akibat longsor di Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong. Longsoran, menutup badan jalan hingga mengganggu arus lalu lintas dari arah Bandung ke Tasikmalaya dan sebaliknya, Selasa (25/12/2018) pagi.
 
Berdasarkan keterangan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Zakaria menyatakan, longsoran berasal dari tebing di pinggir jalan setinggi 20 meter dengan lebar 15 meter.
 
Akibatnya, setengah badan jalan tertutup material longsoran. Longsor terjadi bukan hanya karena curah hujan yang tinggi, namun kondisi tanah yang labil membuat tanah mudah tergerus air di lokasi. Sejauh ini, alat berat telah diturunkan untuk membersihkan material longsoran.
 
Sementara itu, Kasatlantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro membenarkan adanya longsoran yang menutup badan jalan di ruas jalan raya Bandung - Tasikmalaya. "Longsoran tepatnya di depan rumah makan Rido Manah Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong," katanya.
 
Untuk itu, anggota sudah berada di lokasi melaksanakan pengaturan arus lalu lintas. Selain mengatur arus lalu lintas, petugas juga sudah mengerahkan mobil pemadam kebakaran yang telah disiagakan di kawasan Limbangan, untuk melakukan pembersihan material longsoran yang menutupi badan jalan.
 
"Alat berat sudah diturunkan ke lokasi," tegas Rizky. Namun, akibat longsoran itu setengah badan jalan tertutup material longsoran. Oleg karenanya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Bandung dan Tasikmalaya agar arus lalu lintas sementara dilakukan pengalihan.
 
"Untuk mengurangi antrean kendaraan di sekitar lokasi, kita sudah melakukan koordinasi dengan Polres Bandung dan Polres Tasikmalaya. Arus lalu lintas pun langsung dialihkan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,