Unpad Resmikan 'Jalatista' Wujud Komitmen Green Campus

Unpad Resmikan 'Jalatista' Wujud Komitmen Green Campus

Unpad resmikan 'Jalatista' sebagai upaya perwujudan green campus. (foto - unpad)

Bandung - Universitas  Padjadjaran  (Unpad)  komitmen  mewujudkan  sebagai green campus, ditandai dengan peresmian "Jalatista" di Plaza Gedung Rektorat dan area Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor, Rabu (2/1/2019).
 
Jalatista merupakan sumber air minum yang disediakan di lingkungan kampus melalui media berbentuk keran, sehingga semua orang bisa langsung meminumnya. Di bawah keran tersebut terdapat sistem filterisasi, sehingga menjadikan air tersebut layak diminum.
 
Terdapat dua keran dengan tinggi yang berbeda dan saling berdampingan. Satu dengan tinggi sekitar satu meter, dan satunya lagi kurang dari satu meter. Air yang digunakan merupakan air langsung dari aliran air Unpad, yakni menggunakan air bawah tanah.
 
Sebelum air mengalir menuju keran, terlebih dahulu diproses oleh alat filterisasi di bawahnya, sehingga dosen, pegawai dan kalangan mahasiswa dapat langsung meminumnya. Selain itu, Unpad juga membagikan tumbler kepada keluarga besar Unpad.
 
Hal itu menjadi momentum awal yang menjadi bukti komitmen pengurangan penggunaan botol minuman kemasan di lingkungan kampus. "Memang ini komitmen pimpinan Unpad, jadi kami ingin mengurangi sampah plastik. Waktu Desember lalu, Unpad mendapat penghargaan sebagai peringkat ke-9 sebagai universitas paling hijau se-Indonesia," kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad  Syauqy Lukman.
 
Menurut Syauqy, hal itu membuat Unpad lebih meningkatkan komitmen terhadap lingkungan hidup. Harus diakui, saat ini masih banyak penggunaan sampah plastik. Tahun ini seluruh karyawan, tendik dan mahasiswa diperkenankan untuk menggunakan botol tumbler. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait