KA Pangandaran Turut Mendukung Peningkatan Wisatawan

KA Pangandaran Turut Mendukung Peningkatan Wisatawan

Peresmian beroperasinya KA Pangandaran. (foto - Daop 2 Bandung)

Bandung - PT KAI resmi  mengoperasikan  Kereta Api Pangandaran relasi Gambir - Bandung - Banjar. KA tersebut memiliki 8 gerbong dengan 4 gerbong kelas eksekutif, dan 4 gerbong kelas ekonomi premium.
 
Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus, KA Pangandaran tersebut disambut baik oleh warga. Bahkan, pada keberangkatan perdana okupansinya hampir mencapai 100 persen.
 
"Nyaris penuh. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dengan KA Pangandaran, dan akan gratis selama satu bulan penuh dari 2 Januari hingga 1 Februari nanti," kata Joni saat on air di PRFM, Rabu (2/1/2018).
 
Ia menjelaskan, untuk perjalanan yang gratis hanyalah perjalanan dari Bandung ke Banjar. Sedangkan dari Gambir menuju Bandung hingga Banjar tetap berbayar.
Meski bernama KA Pangandaran, kereta ini belum bisa mengantarkan warga hingga Kabupaten Pangandaran. Namun, jika proses reaktivasi sudah selesai, dipastikan nantinya perjalanan KA Pangandaran akan berakhir di Pangandaran.
 
"Saat ini hanya sampai ke Banjar tidak sampai ke Pangandaran, karena memang jalur ke Pangandaran belum ada. Namun tentu dengan adanya kereta ini kami mohon dukungan dari semua masyarakat. Inya Insya Allah kalau sudah selesai reaktivasi akan sampai ke Pangandaran," katanya.
 
Dengan hadirnya KA Pangandaran, PT KAI dan juga pemerintah sangat berharap jumlah kunjungan ke Pangandaran bisa makin meningkat. Terlebih Pangandaran ditargetkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Pemprov Jabar.
 
"Ini juga salah satu upaya kami untuk mendukung Pemerintah Provinsi Jabar, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek wisata Pangandaran".
Untuk pemesanan tiket KA Pangandaran bisa dilakukan sejak H-30 keberangkatan baik melalui KAI Acces atau aplikasi tiket online lainnya, maupun di stasiun keberangkatan secara langsung. KA Pangandaran dari Bandung akan berhenti di Stasiun Cibatu, Cipeundeuy, Tasikmalaya dan berakhir di Stasiun Banjar.
 
Bagi penumpang KA Pangandaran dari Gambir yang turun di Garut, tepatnya di Stasiun Cibatu disediakan bus yang akan mengantar penumpang ke pusat Kota Garut. Begitu pun bagi penumpang dari pusat Kota Garut bisa menumpangi bus untuk menuju Stasiun Cibatu.
 
"Masyarakat dari Kota Garut ingin menuju Jakarta, mereka akan kami antar dengan bus, dan ada  shuttle bus di Jalan Perintis Kemerdekaan nomor 6 Kota Garut secara gratis," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,