Ratusan Santri Panik, Pontren Nurul Firdaus Disapu Beliung

Ratusan Santri Panik, Pontren Nurul Firdaus Disapu Beliung

Puting beliung sapu Pontren Islamic Boarding School Nurul Firdaus di Dusun Panoongan Desa Kertaraharja Kecamatan Panumbangan Ciamis. (foto - ist)

Ciamis - Kompleks Pondok Pesantren Islamic Boarding School Nurul Firdaus di Dusun Panoongan Desa Kertaraharja Kecamatan Panumbangan Ciamis disapu angin puting beliung Jumat (11/1/2019) sore sekitar pukul 15.15 WIB.
 
Sejumlah pohon yang berada di halaman pesantren bertumbangan. Begitu juga atap kanopi bangunan pesantren. Sebanyak 120 santri yang tengah mengikuti latihan pramuka di halaman pesantren panik. Mereka lari berhamburan masuk ke ruang kelas untuk menyelamatkan diri.
 
"Sejauh ini tidak ada santri yang cedera. Semuanya berhasil menyelamatkan diri masuk  ke ruang kelas dan kobong. Ada 120 santri dari tingkat SMP dan SMK sedang mengikuti latihan pramuka di halaman pesantren," kata pimpinan Ponpes Nurul Firdaus, Dr. H Gumilar.
 
Menurutnya, ada perubahan cuaca yang sangat ekstrem. Cuaca yang panas terik mendadak mendung disertai angin kencang dengan suara gemuruh dan hujan. Angin kencang berlangsung beberapa menit menumbangkan 7 pohon kamper di halaman pesantren dan merusak atap kanopi.
 
Ruang kelas dan kobong santri sempat tergenang air hujan yang terbawa angin. Dua tiang listrik di sisi jalan depan kompleks pesantren pun roboh. "Aliran listrik sempat mati dan langsung diperbaiki petugas PLN," katanya.
 
Puting beliung juga merusak lima bangunan milik warga di sekitar pesantren. Kompleks Pesantren Nurul Firdaus dan perkampungan warga di Dusun Panoongan, letaknya dikelilingi hamparan sawah di kaki Gunung  Sawal.
 
Lokasi mereka berada di sisi saluran Irigasi Cimuncang tak jauh dari aliran Sungai Citanduy. Lokasi itu rawan terjangan angin kencang dan sambaran petir. "Musim hujan tahun lalu juga sempat kena angin kencang," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,