Puting Beliung di Rancaekek Porak-Porandakan 700 Rumah

Puting Beliung di Rancaekek Porak-Porandakan 700 Rumah

Sekitar 700 rumah warga rusak akibat hantaman Puting Beliung di Rancaekek Kabupaten Bandung. (foto - ant)

Bandung - Hantaman  puting  beliung  di  kawasan  Rancaekek  Jumat  sore  menyebabkan  sedikitnya  700 rumah  warga rusak. Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung menjadi lokasi yang terparah.
 
"Enam desa terdampak angin puting beliung tersebut, yakni Jelegong, Kencana, Tegal Sumedang, Rancaekek Kulon dan Bojongloa. Hanya yang terparah di Jelegong," kata Camat Rancaekek Baban Banjar, Sabtu (12/1/2019).
 
Menurutnya, jumlah warga yang mengungsi sekitar 200 orang, dan untuk sementara mereka tinggal di sejumlah masjid sekitar. Tidak ada korban jiwa namun jumlah korban yang mengalami luka ringan sekitar 100 orang.
 
"Korban jiwa tidak ada, 100 orang mengalami luka ringan dan 2 orang luka berat. Korban sudah dibawa ke RS Al Islam," katanya. Baban mengakui, fenomena angin puting beliung di Desa Jelegong bukan yang pertama, namun menjadi yang terparah. Sebab, Desa Jelegong terletak di dekat area persawahan. "Sebelumnya pernah terjadi meski tidak menimbulkan kerusakan. Namun, yang terjadi kemarin menjadi yang terparah," tegas Baban.
 
Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem. Beberapa wilayah di Jabar berpeluang diguyur hujan dengan intensitas lebat, disertai petir dan angin kencang, pada Sabtu 12 Januari sore ini.
 
"Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Bandung, Bogor, Depok, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang dan Pangandaran," kata Prakirawan cuaca BMKG Kota Bandung Yuni Yulianti.
 
Untuk cuaca di Bandung Raya umumnya cerah berawan. Peluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, diprediksi terjadi pada sore menjelang malam hari.
 
"Suhu udara berkisar 20,1-30 derajat Celsius, kelembapan udara 54-92 persen dan angin bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan maksimum 20 km per jam," katanya.
 
Sedangkan suhu udara di Jabar utara berkisar 23-33 derajat Celsius, kelembapan udara 50-95 persen. Di wilayah Jabar selatan suhu berkisar 19-33 derajat Celsius dan kelembapan udara 55-95 persen. Angin di wilayah Jabar bertiup dari arah barat laut hingga timur laut dengan kecepatan maksimum 30 km per jam. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,