Puting beliung Rusak 123 Rumah Satu SD dan Pesantren di Ciamis

Puting beliung Rusak 123 Rumah Satu SD dan Pesantren di Ciamis

Puting beliung terjang Desa Kertaraharja Desa Golat dan Desa Sindangherang Kecamatan Panumbangan Ciamis. (foto - ist)

Ciamis - Sedikitnya 123 unit rumah warga, satu sekolah dasar dan satu pondok pesantren rusak saat angin putting beliung melanda Desa Kertaraharja Desa Golat dan Desa Sindangherang Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, Jumat 11 Januari sore.
 
"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian amukan puting beliung yang terjadi kemain itu," kata Kabag Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Ciamis Ani Supiani, Sabtu (12/1/2019).
 
Desa terparah dilanda puting beliung yakni Desa Golat, jumlah rumah yang rusak baik rusak berat, ringan maupun sedang mencapai 81 unit. Yakni di Dusun Golat Landeuh (38 rumah), Ciroke (34 rumah) dan Dusun Citeureup (9 rumah).
 
Selain itu, di Desa Kertaraharja sebanyak 40 rumah mengalami kerusakan. Di antaranya di Dusun Panoongan sebanyak 10 rumah, yakni 6 rumah mengalami rusak cukup berat.
 
Angin puting beliung juga menimpa kompleks pesantren Nurul Firdaus dan SDN 2 Kertaraharja, yang berada di dusun tersebut. Angin juga meruntuhkan tobong (lio) tempat pembuatan batu bata.
 
Di Dusun Sukapulang Wetan 17 rumah rusak (3 rumah rusak parah), dan Dusun Sukapulang Kulon (13 rumah rusak sedang) serta di Dusun Cikopeng tiang dan rentangan kabel listrik rusak. Dua rumah warga juga rusak di Dusun Landeuh Desa Sindangherang.
 
Pihak BPBD Ciamis sudah mendistribusikan bantuan terutama paket sembako ke desa yang dilanda  amukan puting beliung tersebut. Warga bergotong royong memperbaiki atap rumah warga yang rusak dan menyingkir puing-puing pohon tumbang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,