24 Tewas, Tambang Batubara Cina Terbakar

24 Tewas, Tambang Batubara Cina Terbakar

Lokasi tambang yang terbakar di Liaoning - China.(Foto:Net)

Liaoning -  Kebakaran tambang batu bara yang terjadi di Cina tepatnya di sebelah utara Provinsi Liaoning, menewaskan 

24 korban jiwa. Selalin itu, dari keterangan kantor berita China Xinhua, terdapat pula 52 korban luka. 

Seperti dilansir Reuters, Rabu (26/11)  tambang nahas itu dimiliki oleh BUMN Cina, Fuxin Coal. Kebakaran pun dipicu oleh gempa bumi berkuatan 1,6 pada skala Ritcher yang berlangsung tengah malam kemarin.
Belum bisa dipastikan mengapa dalam insiden ini banyak korban yang jatuh. Namun, jatuhnya puluhan korban jiwa, semakin memperjelas bahwa standar keamanan pekerjaan tambang di Cina sangat buruk.

Menurut data statistik yang dikeluarkan otoritas setempat, pada 2013 sediukitnya terdapat  589 insiden kecelakaan tambang. Ratusan insiden tersebut menyebabkan sebanyak 1.049 orang tewas dan hilang.

Termasuk dalam catatan itu adalah kejadian di Barat Xinjiang bulan lalu. Dalam insiden tambang di Xinjiang, sebanyak 16 pekerja tewas. Atas dasar itui, pemerintah China melakukan sejumlah upaya termasuk dengan meningkatkan standarisasi keselamatan.    

Tidak berhenti sampai di situ, pada 2015 diketahui pemerintah Cina akan mengambil langkah lebih keras. Mereka memastikan siap menutup 2.000 tambang kecil yang tak memenuhi syarat keamanan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,